Kami berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) di tiga pilar bisnis: Adaro Energy, Adaro Minerals dan Adaro Green
Jakarta (ANTARA) - PT Adaro Energy Indonesia meraih beragam penghargaan sepanjang tahun 2023 lantaran konsisten mengedepankan aspek keberlanjutan dalam setiap operasional bisnis.
 
"Kami berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) di tiga pilar bisnis: Adaro Energy, Adaro Minerals dan Adaro Green," kata Presiden Direktur Adaro Energy Indonesia Garibaldi Thohir dalam keterangan di Jakarta, Jumat.
 
Adaro menjalankan program-program berkelanjutan untuk meminimalkan dampak operasional, melindungi lingkungan, mengurangi emisi dan mendukung keanekaragaman hayati.
 
Perseroan berupaya mewujudkan lingkar tambang yang mandiri, cerdas dan sejahtera dalam lingkungan yang lestari demi memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan mendukung tercapainya Sustainable Development Goals.
 
Pada 2023, Adaro Energy Indonesia melalui anak usahanya Adaro Indonesia kembali meraih PROPER Emas untuk keenam kali.
 
Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin.

Baca juga: Adaro berharap Pemilu 2024 tak pengaruhi kinerja bisnis
 
KLHK juga memberikan penghargaan untuk kategori Pemegang Perizinan Penggunaan Kawasan Hutan (PPKH) dengan kinerja rehabilitasi daerah aliran sungai terbaik lantaran keberhasilan merehabilitasi lahan daerah aliran sungai mencapai lebih dari 8.000 hektare pada 2023.
 
Demi mendukung tercapainya SDGs, Adaro selalu berupaya melakukan lebih dari yang diwajibkan (beyond compliance) melalui beberapa inisiatif yang bertujuan untuk terwujudnya keunggulan di bidang operasi, keselamatan dan kesehatan kerja, perlindungan lingkungan hidup, dan inovasi sosial.
 
Di tingkat global, Adaro meraih penghargaan bergengsi Asean Coal Awards 2023 kategori “Winner of the Coal Handling and Distribution” dalam ASEAN Energy Awards dari The ASEAN Centre for Energy (ACE) bekerja sama dengan the AFOC Council.
 
Pemenang kategori itu adalah perusahaan yang berhasil menerapkan best practices dari sisi pengelolaan lingkungan termasuk pengurangan emisi karbon dioksida.
 
Adaro merupakan salah satu dari tiga perusahaan di Indonesia yang masuk Forbes World’s Best Employer. Sedangkan pada jajaran Forbes Global, Adaro menduduki posisi ke-348 dari 700 perusahaan di dunia.
 
"Kami senantiasa membangun lingkungan kerja positif yang memungkinkan karyawan memiliki kompetensi berdaya saing global," pungkas Garibaldi.

Baca juga: Adaro proyeksikan produksi batu bara thermal akan flat di 2024

Baca juga: Adaro tekankan pentingnya pengembangan SDM berdaya saing global

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024