Hanoi (ANTARA) - Bank Negara Vietnam (SBV) menyuntikkan dana lebih dari 5,09 triliun Dong Vietnam (Rp3,2 triliun) ke dalam sistem perbankan melalui saluran operasi pasar terbuka guna mendukung permodalan bagi bank-bank komersial.

Selama penawaran SBV melalui surat berharga yang digadaikan tersebut, sebuah bank komersial meminjam melebihi jumlah SBV yang ditawarkan dengan mengacu pada tujuh hari dan tingkat bunga sebesar empat persen per tahun.

Pinjaman tersebut menjadi menjadi kali pertama sejak awal 2024 ketika perbankan membutuhkan dana sebesar itu melalui SBV. Pada Januari 2023, pemenang tawaran di saluran operasi pasar terbuka hanya bernilai 1-2 miliar Dong Vietnam (Rp635 juta-1,3 miliar).

Langkah tersebut cukup tidak terduga mengingat masa puncak pembayaran menjelang Tahun Baru Imlek telah berlalu.

Di pasar antar bank, suku bunga juga kembali meningkat setelah dua sesi mengalami penurunan yang cukup dalam.

Data terbaru yang dirilis SBV menunjukkan rata-rata suku bunga overnight antarbank untuk pinjaman dalam mata uang Dong pada 19 Februari tahun ini meningkat menjadi 1,41 persen dari 1,04 persen pada akhir pekan lalu.

Bersamaan dengan tenor overnight, suku bunga pada dua termin utama lainnya juga mengalami peningkatan yang cukup tajam.

Tenor satu minggu meningkat dari 1,27 persen menjadi 1,6 persen dan tenor dua minggu meningkat dari 1,39 persen menjadi 1,6 persen.

Kenaikan suku bunga antar bank yang disertai dengan tingginya perputaran transaksi menunjukkan bahwa permintaan kredit di kalangan bank umum masih tetap besar, meskipun masa puncak pembayaran menjelang Tahun Baru Imlek telah berlalu.

Sebelumnya, suku bunga antar bank terus meningkat menjelang Tahun Baru Imlek. Suku bunga overnight melonjak dari 0,12 persen per tahun pada 29 Januari 2024 menjadi 2,38 persen pada 6 dan 7 Februari 2024.

Persentase itu setara dengan lonjakan hampir 20 kali lipat dalam kurun waktu satu tahun.

Menurut para ahli, suku bunga antarbank meningkat tajam dalam jangka pendek disebabkan terutama oleh faktor musiman ketika permintaan pembayaran meningkat menjelang Tahun Baru Imlek

Untuk mendukung permintaan likuiditas bank umum, SBV selalu mempertahankan penawaran di saluran operasi pasar terbuka dan menyesuaikan jangka waktu penawaran menjadi 14 hari menjelang liburan Tahun Baru Imlek.

Namun, pada periode sebelum Tahun Baru Imlek, tidak ada bank yang membutuhkan sumber modal SBV.
 

Sumber : VNA-OANA

Baca juga: BI: Vietnam siap gabung dalam kesepakatan pembayaran kawasan

Baca juga: Bank sentral Vietnam beli dolar buat topang cadangan devisa



 

Sektor bisnis ini dibicarakan Jokowi dan investor Vietnam di Hanoi

 

Penerjemah: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024