Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah poster digital beredar di media sosial menampilkan foto dan susanan nama pejabat publik pada era pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Nama-nama tersebut dinarasikan sebagai calon menteri maupun dewan pengawas kabinet Indonesia Emas, kabinet Prabowo-Gibran.

Dalam poster tersebut, Jokowi dan Susilo Bambang Yudhoyono disebut sebagai Ketua dan Wakil Ketua Dewan Pengawas Presiden.

Terdapat juga nama Menteri aktif kabinet Jokowi, seperti Menteri BUMN, Erick Thohir menjadi Menko Marves hingga Agus Harimurti Yudhoyono menjadi Menko Polhukam.

Namun, benarkah poster digital tersebut merupakan bocoran susunan Menteri Prabowo-Gibran?

 

Unggahan poster yang diklaim sebagai susunan kabinet Prabowo-Gibran. Faktanya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani membantah informasi susunan kabinet yang beredar dimedia sosial. (X)
Penjelasan:

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani memastikan pasangan Prabowo Subianto-Gibran menunggu hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelum mengumumkan susunan kabinet.

Hal tersebut sekaligus membantah informasi beredar terkait susunan tokoh yang akan menjadi menteri di era kepemimpinan Prabowo-Gibran.

Menurut Muzani, Prabowo sudah membicarakan berapa langkah yang akan dia diambil setelah resmi dilantik, termasuk soal susunan kabinet. Bahkan, Muzani menambahkan tidak menutup kemungkinan Prabowo akan mengambil menteri yang juga telah bekerja di era pemerintahan Joko Widodo dan Ma'aruf untuk bekerjasama sebagai menteri selama satu periode.

Dalam media sosial X, Gibran juga menegaskan bahwa susunan kabinet yang beredar tersebut tidar benar.

Cek fakta: Anwar Usman kembali jadi Ketua MK pada 15 Februari, benarkah?

Cek fakta: Hoaks! Demonstrasi mahasiswa di Solo pada 15 Februari 2024

Baca juga: Gibran ungkap harapan terhadap AHY sebagai Menteri ATR/BPN baru 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024