Denpasar (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Bali Dewa Made Indra saat menghadiri pembukaan The 39th Asia Pacific Academy of Ophthalmology (APAO) Congress mengundang delegasi untuk menikmati suasana Pulau Dewata.

Pemprov Bali menawarkan para perwakilan dokter mata dari Asia Pasific yang sudah memilih Bali sebagai lokasi pertemuan itu melihat keindahan alam, seni, budaya pulau Bali serta aneka kuliner dan produk UMKM Bali.

“Kami yakin getaran semangat Bali akan menginspirasi anda untuk fokus dan berkontribusi demi kebaikan kemajuan ilmu oftalmologi di masa depan. Saya juga harap para delegasi dapat meluangkan waktu untuk menikmati tempat wisata, makanan lokal, budaya dan pertunjukan sehingga akan memberikan kenangan di Bali,” kata dia dalam keterangan yang diterima di Denpasar, Jumat.

Dewa Indra berharap dengan masuknya inspirasi dari suasana Bali ini, kongres jadi mampu membuahkan hasil positif seperti inovasi baru di bidang ilmu oftalmologi di masa depan.

Baca juga: Dispar Bali minta tambahan Gerai Pungutan Wisman di domestik bandara

Tak hanya Bali yang merasa senang dikunjungi delegasi Kongres APAO, namun juga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang merasa terhormat karena Indonesia kembali menjadi tuan rumah.

Menkes berharap Kongres APAO memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan oftalmologi di Indonesia terlebih Indonesia saat ini sangat gencar dalam mengoptimalkan pengobatan mata terutama daerah-daerah terpencil.

“Oleh karenanya puskesmas yang ada di desa-desa diharapkan memiliki teknologi yang memadai dalam pendeteksian berbagai macam penyakit khususnya mata,” kata dia.

Baca juga: Warga Tegallinggah-Bali ingin gaet banyak turis dari wisata sejarah

Presiden Akademi Oftalmologi Asia-Pasifik Prof Ava Hosain menyebut dalam kegiatan ini hadir 800 pembicara yang diakui secara internasional yang akan mempresentasikan karya terbaru dan inovasi ilmiah di subspesialisasi utama mata.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga 25 Februari 2024 dengan tema Beyond All Limits ini diprediksi diikuti oleh 5.000 delegasi yang sudah terkonfirmasi sampai saat ini.

“Selain memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru, kongres tahunan ini juga memberikan kesempatan yang sangat baik bagi para delegasi untuk membangun jaringan dan berkolaborasi dengan rekan-rekan dan sahabat. Peserta juga dapat menikmati atraksi indah dan bersejarah, serta kuliner lezat dan kehidupan malam yang seru di Bali,” ujarnya.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024