Washington, (ANTARA/PRNewswire) - Supernal LLC adalah perusahaan Advanced Air Mobility (AAM/Mobilitas Udara Canggih) milik Hyundai Motor Group. Hari ini di Singapore Airshow 2024, Supernal menandatangani dua Nota Kesepakatan masing-masing dengan Singapore Economic Development Board (EDB) dan Civil Aviation Authority of Singapore (CAAS) untuk lebih mengembangkan kemampuan dan keahlian AAM di Singapura maupun Asia Pasifik. Kemitraan ini akan mendorong berbagai aktivitas, misalnya mengembangkan inisiatif penelitian dan pengembangan (Litbang), mengidentifikasi kemungkinan kasus penggunaan, bertukar informasi untuk mendukung kerangka kerja peraturan keamanan dan pengembangan standar keamanan, serta mendorong keterlibatan publik untuk AAM.

2         Berdasarkan Nota Kesepakatan antara EDB dan Supernal:

Kedua perusahaan akan berfokus mengidentifikasi peluang untuk menggelar kegiatan Litbang yang dapat membangun kemampuan di bidang teknologi utama dalam lepas landas dan Pendaratan Vertikal listrik (eVTOL).
EDB dan Supernal juga akan berbagi pengetahuan dan sumber daya untuk mendukung pengembangan strategi operasional AAM. Termasuk melakukan analisis pasar dan studi kelayakan untuk menilai kelayakan AAM di Singapura, dan berfokus untuk mengidentifikasi penggunaan unik di Singapura dan Asia Pasifik.
Kedua perusahaan juga akan mengevaluasi persyaratan yang diperlukan untuk memulai kehadiran di Singapura dan bekerja sama melakukan studi kelayakan tentang kegiatan kesiapan operasional seperti perakitan, pengoperasian kendaraan, dan Pemeliharaan, Perbaikan dan Pemeriksaan (MRO).
3         Berdasarkan Nota Kesepakatan antara CAAS dan Supernal:

Kedua perusahaan akan bertukar informasi guna mendukung pengembangan kerangka kerja CAAS untuk sertifikasi, validasi, penerimaan dan pengiriman pesawat dari produsen, dan membuat persyaratan interoperabilitas di vertiport (landasan lepas landas dan pendaratan khusus untuk pesawat AAM) untuk mendukung kelancaran integrasi operasional darat dan udara.
CAAS dan Supernal juga akan menjajaki standar pengembangan infrastruktur AAM, solusi pengisian daya dan penyimpanan energi listrik, kelaikan terbang pesawat dan komponen, serta operasional.
Selain itu, kedua perusahaan akan mengoordinasi upaya dengan pemangku kepentingan ekosistem AAM lainnya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang AAM.
4        "Karena Asia Pasifik kian terkenal dalam industri penerbangan, kami berpendapat bahwa kawasan ini sangat penting bagi masa depan Advanced Air Mobility," kata Jaiwon Shin, Presiden Hyundai Motor Group dan CEO Supernal. "Kemitraan ini adalah yang terbaru dalam daftar kerja sama Supernal yang terus bertambah dan dirancang untuk memajukan misinya, yaitu menjadikan AAM pilihan yang efisien dan andal bagi transportasi sehari-hari. Berkat kemitraan ini, kami dapat berkontribusi terhadap pengembangan dan pertumbuhan AAM sekaligus mempererat hubungan dengan para pemangku kepentingan utama. Kemitraan ini juga berperan penting dalam menggunakan AAM sebagai katalis pendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di salah satu pasar yang pertumbuhannya tercepat di dunia."

5         "Kerja sama dengan EDB dan CAAS merupakan contoh bahwa kerja sama antara pemerintah dan industri dapat membantu mewujudkan AAM," kata Shin. "Pendekatan kami adalah mengembangkan kemitraan yang saling menguntungkan seperti ini untuk menciptakan bisnis dan operasional yang dapat bertahan bagi pemangku kepentingan di seluruh rantai nilai - mulai dari produsen dan regulator hingga operator dan penumpang. Wawasan dari kedua perusahaan akan memaksimalkan hasil dan membuktikan nilai AAM, terutama di pasar yang berpikiran maju seperti Singapura."

6          Kata Ms. Jacqueline Poh, Managing Director Singapore Economic Development Board: "Mobilitas udara yang canggih berpotensi menjadi peluang yang baru dan menarik di sektor kedirgantaraan Singapura, sehingga menciptakan peluang bisnis yang bagus sekaligus menyediakan alternatif baru untuk bepergian di kawasan ini. Sebagai salah satu ekosistem kedirgantaraan terkemuka di Asia, Singapura menawarkan kemampuan yang kuat kepada perusahaan di seluruh dunia, termasuk kumpulan profesional yang kuat, untuk melakukan berbagai aktivitas di bidang Penelitian dan Pengembangan, produksi, dan Pemeliharaan, Perbaikan, dan Pemeriksaan (MRO). Kami senang sekali bermitra dengan Supernal dan mengundang pelaku bisnis lainnya untuk bergabung selagi kami mengembangkan ekosistem AAM di sini."

7         Kata Mr. Han Kok Juan, Direktur Jenderal CAAS: "Pengembangan dan penggunaan AAM memerlukan peraturan dan regulasi baru agar kami dapat memanfaatkan teknologi sekaligus memastikan keamanan dan keselamatan publik maupun keselamatan penerbangan. Kerja sama antara regulator dan industri untuk menyatukan keahlian dan sumber daya serta mengidentifikasi dan memitigasi risiko akan membantu kami memberlakukan persyaratan peraturan yang diperlukan dengan lebih efektif dan efisien. Bulan November tahun lalu, CAAS mengadakan pertemuan pertama dengan regulator Asia Pasifik dan keterlibatan dengan industri untuk tujuan ini. Nota Kesepakatan CAAS-Supernal dibuat berdasarkan hal ini dan memelopori upaya lebih besar."

Tentang Supernal 

Supernal (Su•per•nal) adalah perusahaan Advanced Air Mobility  yang mengembangkan kendaraan lepas landas dan Pendaratan Vertikal Listrik (eVTOL) serta ekosistem darat ke udara untuk mendukung industri yang sedang berkembang. Sebagai bagian dari grup Hyundai Motor, Supernal memanfaatkan keahlian manufaktur, otomatisasi, rantai pasokan, dan penelitian dan pengembangan kelas dunia agar pilihan transportasi yang baru dan efisien ini dapat luas terjangkau dalam beberapa puluh tahun mendatang. Intinya: Daripada menjadi yang pertama memasarkan, kami menciptakan produk dan pasar yang tepat terlebih dulu. Kunjungi situs web ruang redaksi Supernal untuk informasi lebih lanjut, dan ikuti kami di LinkedIn.

Tentang Singapore Economic Development Board 

Singapore Economic Development Board (EDB) adalah lembaga pemerintah di bawah Kementerian Perdagangan dan Industri, dan bertanggung jawab atas strategi yang meningkatkan posisi Singapura sebagai pusat bisnis, inovasi, dan profesional berbakat di seluruh dunia. Kami melakukan promosi investasi dan pengembangan industri, dan bekerja sama dengan berbagai perusahaan internasional, perusahaan asing maupun lokal, dengan memberikan informasi, koneksi ke mitra, dan akses ke insentif pemerintah untuk investasi mereka. Misi kami adalah menciptakan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, dengan bisnis yang dinamis dan peluang kerja yang bagus untuk Singapura dan warga Singapura. Untuk informasi lebih lanjut tentang EDB, harap kunjungi https://www.edb.gov.sg.

Tentang Civil Aviation Authority of Singapore 

Misi Civil Aviation Authority of Singapore (CAAS) adalah mengembangkan hub udara dan sistem penerbangan sipil yang aman dan dinamis, sehingga memberikan kontribusi penting bagi kesuksesan Singapura. Peran CAAS adalah mengawasi dan mendorong keamanan industri penerbangan, mengembangkan hub udara dan industri penerbangan, menyediakan layanan navigasi udara, memberikan pelatihan penerbangan untuk pengembangan sumber daya manusia, dan berkontribusi pada pengembangan penerbangan sipil internasional. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.caas.gov.sg.

Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi:

Ms. Jennifer Darland
Supernal

Ms. Mary Ann Peters
Brand, Marketing & Communications
Singapore Economic Development Board
Ponsel: +65 6832 6076

Ms. Abigail Lim
Corporate Communications
Civil Aviation Authority of Singapore
Ponsel: +65 8512 9557

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024