Yangon (ANTARA News) - Myanmar dan Vietnam akan bekerja sama mengenai bebas visa bagi pemegang paspor biasa untuk memperkuat hubungan persahabatan yang ada di segala bidang antara kedua negara, kata harian resmi New Light of Myanmar pada Sabtu.

Perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor biasa antara kedua negara ditandatangani antara Menteri Luar Negeri Myanmar U Wunna Maung Lwin dan Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh di New York pada Jumat, kata laporan itu.

Langkah antara kedua negara itu diperlukan untuk menyederhanakan prosedur dan memfasilitasi perjalanan warga kedua negara.

Sementara itu, Myanmar akan membuka semua gerbang perbatasan untuk pengunjung internasional guna masuk dan keluar segera tahap berikutnya setelah empat gerbang di perbatasan Myanmar-Thailand dilakukan baru-baru ini.

Pengunjung asing yang memegang paspor dan visa yang sah akan diizinkan untuk masuk dan keluar Myanmar melalui gerbang Muse seperti bandara-bandara internasional Yangon, Mandalay dan Nay Pyi Taw.

Myanmar memberikan berbagai kategori visa, yaitu Visa Masuk, Visa Diplomatik, Visa Bebas bagi Pejabat, Visa Turis, Visa Bisnis, Visa Transit dan Visa Re-entry untuk Beberapa Perjalanan Khusus, demikian Xinhua.
(H-AK/H-RN)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013