Berlin (ANTARA News) - Borussia Dortmund mengukuhkan tempat mereka di puncak klasemen Liga Jerman melalui kemenangan 5-0 atas Freiburg yang mengakhiri pertandingan dengan sepuluh pemain pada Sabtu.

Kemenangan 1-0 Bayern Munich atas VfL Wolfsburg di Allianz Arena membuat pasukan Pep Guardiola tetap menghuni peringkat kedua dengan koleksi nilai yang sama dengan Dortmund yakni 19 angka, namun pasukan Jurgen Klopp unggul selisih gol.

Dortmund berpesta gol di Signal Iduna Park melalui gol-gol yang disumbangkan pemain sayap Jerman Marco Reus dan penyerang Polandia Robert Lewandowski masing-masing mencetak dua gol, sebelum gelandang Jakub Blaszczykowski menambahi gol kelima saat pertandingan tinggal menyisakan sepuluh menit.

"Saya gembira dengan babak pertama. Kami ingin menemukan ritme kami dari detik pertama, yang berhasil kami lakukan," kata Klopp.

"Kami menampilkan permainan bagus, dan banyak kegembiraan untuk disaksikan."

Dortmund memecahkan kebuntuan pada menit ke-35 ketika tembakan Lewandowski diblok oleh kiper Freiburg Oliver Baumann, namun Reus langsung menyambar bola muntah.

Keberuntungan Freiburg semakin merosot ketika bek tengah asal Senegal Fallio Diagne diusir keluar lapangan setelah melanggar Lewandowski, dan Reus mencetak gol melalui tendangan penalti yang didapat akibat pelanggaran tersebut.

Lewandowski kemudian mencetak gol keempatnya musim ini ketika ia menaklukkan dua pemain bertahan untuk mencungkil bola melewati Baumann saat pertandingan tinggal menyisakan tiga puluh menit.

Penyerang Polandia itu - yang mengatakan dirinya akan menandatangani kontrak di Bayern Munich di mana kontraknya di Dortmund akan habis pada Juni - kemudian menambahi gol keduanya ketika ia mengonversi umpan Jonas Hoffman pada menit ke-70.

Dortmund, yang akan menjamu Marseille di Liga Champions pada Selasa dengan tekad bangkit setelah kalah 1-2 dari Napoli dua pekan silam, menambahi gol kelima ketika Blaszczykowski menyambar bola "back pass" dan menembakkan bola melewati Baumann sepuluh menit menjelang pertandingan usai.

Kekalahan ini membuat Freiburg menghuni peringkat kedua dari bawah dan masih belum mampu mencatatkan kemenangan pada musim ini.

Menjelang pertandingan Liga Champions Rabu di markas Manchester City, Bayern menang 1-0 atas Wolfsburg.

"Kami menang, namun kami harus memperbaiki beberapa hal," aku Guardiola menjelang lawatan ke Manchester dan pertandingan Liga Jerman Sabtu di markas tim peringkat ketiga Bayer Leverkusen.

"Saya dapat memastikan bahwa kami akan menampilkan permainan bagus di Manchester dan Leverkusen."

Bayern memerlukan waktu satu jam untuk memecah kebuntuan ketika bintang Jerman Thomas Mueller mencetak gol perdananya di Liga Jerman musim ini, ketika ia menyambar operan Franck Ribery dari sayap kiri ke tiang jauh.

Ini jauh dari penampilan apik di mana Bayern gagal mendominasi, meski menikmati penguasaan bola sebanyak 70 persen.

Bayer Leverkusen tetap berada di peringkat ketiga, hanya terpaut satu angka dengan Dortmund dan Bayern berkat kemenangan 2-0 atas tamunya Hanover 96, ketika dua gelandang Jerman Simon Rolfes dan Sidney Sam mencetak gol di babak pertama.

Leverkusen yang dilatih Sami Hyypia akan menjamu Real Sociedad di Liga Champions pada Rabu dan layak mendapatkan kemenangan ini setelah mencatatkan 17 tembakan berbanding tujuh tembakan yang dilepaskan tim tamu.

Schalke, yang melawat ke markas FC Basel di Liga Champions pada Selasa, ditahan imbang 3-3 oleh tuan rumah Hoffenheim, meski sempat unggul 2-0 di mana gelandang Ghana Kevin-Prince Boateng, yang bermain lebih ke depan, mencetak gol bagi The Royal Blues saat pertandingan baru berlangsung tiga menit.

Hertha Berlin naik ke peringkat kelima setelah bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Mainz 05 di ibukota.

Pada pertandingan Sabtu malam, mantan pelatih timnas Belanda Bert van Marwijk akan melakukan debut sebagai pelatih Hamburg di markas Eintracht Frankfurt dengan tekad membawa timnya menjauhi zona degradasi.

(H-RF/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013