Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan dana bantuan senilai Rp150 juta untuk memaksimalkan upaya penanggulangan dan meringankan beban korban terdampak bencana angin puting beliung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

"Masyarakat terdampak angin puting beliung ini tidak boleh menderita terlalu lama dan tidak terlayani dengan baik,” kata Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setyawan dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Untuk itu, ia menyebutkan, pemerintah daerah harus bisa memanfaatkan dana tersebut secara baik, cepat, dan tepat dalam memenuhi semua kebutuhan dasar para korban; seperti tempat berlindung, makanan, pakaian, air bersih, hingga obat-obatan. Termasuk pula mempercepat penanganan dampak kerusakan yang menerpa pemukiman dan fasilitas publik di lokasi terdampak bencana.

Baca juga: BRIN: Puting beliung di Bandung bukan akibat perubahan iklim

Berdasarkan data laporan Pusdalops BNPB diketahui jumlah korban angin puting beliung di Kabupaten Bandung ada sebanyak 422 keluarga atau sekitar 1.359 orang warga.

Bencana puting beliung yang terjadi pada Rabu (21/2) sore itu juga merusak sebanyak 223 unit bangunan rumah warga; dengan kondisi sebanyak 119 unit rusak berat dan 151 unit rusak sedang. Lalu ada 18 unit bangunan pabrik dan toko yang rusak berat-ringan diterpa angin.

Ia menambahkan, tak hanya bantuan dana sebelumnya BNPB juga menyalurkan bantuan logistik berupa makanan siap saji sebanyak 300 kantung, paket sembako 300 paket, tenda pengungsi satu unit, perlengkapan kesehatan 100 paket. makanan anak berupa biskuit protein 200 bungkus.

Kemudian bantuan peralatan; generator pembangkit listrik dua unit, pompa alkon lima unit, gergaji mesin 5 unit, alat pemotong besi 2 unit, terpal 100 unit, matras 100 unit dan selimut 100 unit.

"Semoga kondisi dampak bencana segera membaik selama status tanggap darurat 14 hari ke depan atau setidaknya hingga 6 Maret 2024 yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, " ujarnya.

Baca juga: BNPB pastikan rumah rusak akibat puting beliung di Bandung bakal diperbaiki
Baca juga: BNPB beri dukungan DSP Rp150 juta tangani puting beliung di Bandung

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024