Tokyo (ANTARA) - Kaisar Jepang Naruhito menyampaikan duka cita atas hilangnya nyawa akibat gempa bumi dahsyat yang melanda Jepang tengah pada Hari Tahun Baru, 1 Januari 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan Kaisar Naruhito pada Jumat (23/2) saat merayakan ulang tahunnya yang ke-64.

Kaisar Naruhito juga menyampaikan simpatinya kepada orang-orang yang kehilangan tempat tinggal.

Kaisar mengungkapkan keinginannya untuk mengunjungi daerah yang terkena dampak bencana di Semenanjung Noto di Prefektur Ishikawa, bersama istrinya Permaisuri Masako.

“Hati saya sungguh sedih bagi banyak orang yang terkena dampak dan mereka yang terpaksa mengungsi,” kata dia pada konferensi pers di Istana Kekaisaran menjelang ulang tahunnya.

Kaisar menambahkan bahwa ia berharap pemulihan dan rekonstruksi akan berjalan lancar, dan menyampaikan penghargaannya kepada para pekerja keras profesional yang terlibat dalam upaya bantuan dan dukungan medis.

Berkaca pada perkembangan positif selama setahun terakhir, kaisar menyinggung pelonggaran pembatasan virus corona ketika pemerintah pada bulan Mei menurunkan status hukum COVID-19 ke kategori yang sama dengan influenza musiman.

“Itu adalah tahun di mana kita dapat melihat dengan jelas perkembangan cemerlang dalam proses kehidupan sehari-hari masyarakat kembali normal,” ujarnya.

Kaisar mengatakan dia senang dapat melanjutkan tugasnya menghadiri berbagai upacara dan acara sejalan dengan pelonggaran pembatasan COVID-19.

“Saya merasakan momen-momen yang mengharukan ketika saya mendengarkan langsung berbagai orang dan melihat senyuman mereka di tempat-tempat yang saya kunjungi,” ujarnya.

Pada bulan Juni tahun lalu, kaisar mengunjungi Prefektur Iwate, timur laut Jepang, untuk menghadiri festival penanaman pohon nasional dan berbincang dengan orang-orang yang mengalami bencana gempa bumi dan tsunami pada bulan Maret 2011.

“Saya tersentuh atas upaya tak kenal lelah mereka meski menghadapi banyak tantangan,” ujarnya.

Mengenai keluarganya, ia juga menyampaikan rasa terima kasih saya kepada Permaisuri Masako setelah menghabiskan 30 tahun bersamanya, dan meminta dukungannya yang berkelanjutan.

Sang permaisuri telah berupaya dengan gangguan stress pada penyesuaian diri sejak Desember 2003, ketika ia masih menjadi putri mahkota dan jarang tampil di depan umum. Sejak menjadi permaisuri, kehadirannya di acara dan upacara meningkat.

Dalam pernyataannya tahun lalu, dokter Permaisuri Masako mencatat bahwa dia sedang dalam proses pemulihan, meski kondisinya tidak menentu.

Kaisar mengatakan dia senang mendengar bahwa anak tunggal mereka, Putri Aiko, 22, telah memutuskan untuk bergabung dengan Palang Merah Jepang pada bulan April.

“Saya berharap beliau semakin memperluas wawasannya dengan mendapatkan berbagai pengalaman,” ujar dia.

Kaisar, bersama dengan anggota keluarga kekaisaran lainnya, melambaikan tangan kepada para simpatisan dari balkon istana pada Jumat pagi.

Meskipun mereka yang ingin hadir tidak perlu mengajukan permohonan terlebih dahulu, tidak seperti tahun lalu, jumlah orang yang diizinkan masuk ke masing-masing dari tiga sesi penyambutan dibatasi hingga 20.000 orang untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

Sumber: Kyodo

Baca juga: Tsunami akibat gempa Jepang sapu 190 hektar lahan di tiga kota
Baca juga: Jepang mulai bangun perumahan sementara bagi korban gempa
Baca juga: Tantangan logistik hambat kegiatan relawan di daerah gempa Jepang

Penerjemah: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024