Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi empat titik panas yang tersebar di sejumlah lokasi di Sumatera Utara.

"Empat titik panas tersebut terpantau di Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Karo," kata Prakirawan BBMKG WIlayah I Medan Martha Manurung, di Medan, Sabtu.

Baca juga: BMKG ingatkan potensi hujan lebat terjang mayoritas daerah

Menurut dia, empat titik panas tersebut masing-masing terpantau di Kecamatan Kualuh Hulu dan Kecamatan Na IX-XI, Kabupaten Labuhanbatu Utara serta Kecamatan Tiga Binanga dan Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo.

"Empat titik panas tersebut terpantau berdasarkan pantauan sensor modis berupa Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20," katanya.

Sementara terkait cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan dan berpotensi hujan ringan di Gunung Sitoli, Nias Selatan, dan Nias Barat.

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian wilayah Jakarta hujan ringan Sabtu siang

Pada siang dan sore hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Langkat, Deli Serdang, Asahan, Karo, Nias Utara, Gunung Sitoli, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, dan Labuhanbatu Selatan.

Malam hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Langkat, Dairi, Karo, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, dan Mandailing Natal.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan di Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, dan Tapanuli Tengah.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat NTT waspada hujan deras hingga 29 Februari 2024

Sementara suhu udara 16–33 derajat Celcius, kelembapan udara 60–98 persen, dan angin berhembus dari timur laut-tenggara dengan 10-30 km/jam.
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024