Demak (ANTARA) -
Pelaksanaan pemungutan suara susulan di 10 desa di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, berlangsung lancar dan tanpa ada kendala yang bisa menghambat jalannya pemilu susulan karena sebelumnya desa tersebut terdampak banjir.
 
"Selain berlangsung lancar, ternyata antusiasme masyarakat di 10 desa di Kecamatan Karanganyar ini juga sangat tinggi untuk menggunakan hak pilihnya," kata Anggota KPU RI Yulianto Sudrajat saat meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) 6 dan 7 di SD Negeri Cangkring di Demak, Sabtu.

Baca juga: KPU Jateng: Pemilu susulan di Demak digelar 24 Februari
 
Padahal, kata dia, cuacanya hujan, namun warga tetap antusias datang ke TPS.
 
Dari hasil peninjauan di lapangan bersama KPU Jateng, kata dia, seluruh pelaksanaan pemungutan suara di 10 desa itu berjalan lancar dan tidak ada kendala.
 
Ia mengungkapkan, 10 desa di Kecamatan Karanganyar dengan jumlah 114 TPS terpaksa tidak bisa mengikuti pemilu serempak pada 14 Februari 2024. Namun, setelah 10 hari berikutnya tepatnya 24 Februari 2024 KPU Demak bersama jajaran PPK dan PPS bisa melaksanakan pemungutan suara susulan hari ini (24/2).

Baca juga: 1.130 warga Larangan Tangerang ikuti pemungutan suara susulan
 
Potret pemungutan suara di Kecamatan Karanganyar, Demak ini, kata dia, membuktikan partisipasi terhadap pemilu bagus, masyarakat menggunakan hak politiknya walaupun dalam situasi banjir belum reda, karena ada beberapa TPS masih tergenang banjir.
 
Meskipun masih ada 10 desa yang melaksanakan pemungutan suara susulan, dipastikan tidak akan mengganggu proses rekapitulasi hasil pemungutan suara karena saat ini masih di tingkat PPK.

Baca juga: KPU Jakarta Utara tunda pemilu lanjutan karena kekurangan logistik
 
"Dari 10 desa ini, hasilnya akan dikirim ke PPK melalui PPS langsung diadakan rekapitulasi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas pelaksanaan pemungutan suara susulan di 10 desa ini bisa berjalan lancar," ujarnya.
 
Anggota KPU Kabupaten Demak Divisi Perencanaan Data dan Informasi Nur Hidayah menambahkan bahwa pelaksanaan pemilu susulan di 10 desa di Kecamatan Karanganyar berjalan lancar dan aman.

Baca juga: KPU Jakbar pastikan tak ada TPS yang lakukan pemungutan suara susulan
Baca juga: KPU Papua Pegunungan: 31 TPS akan gelar pemungutan suara susulan

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024