Beijing (ANTARA) - China umumkan nama untuk wahana eksplorasi berawak ke Bulan.  Pesawat antariksa berawak barunya diberi nama Mengzhou, yang berarti wahana impian, mencerminkan fakta bahwa penjelajahan berawak ke Bulan membawa impian ruang angkasa bangsa China dan membuka perjalanan petualangan ruang angkasa yang baru, menurut CMSA.

Sementara untuk wahana pendarat (lander) Bulannya diberi nama Lanyue, yang berarti memeluk Bulan, sebuah istilah yang muncul dalam puisi karya mendiang Ketua Mao Zedong. Kata tersebut melambangkan kepercayaan diri bangsa China dalam menjelajahi alam semesta, kata badan itu.

Nama-nama tersebut dipilih berdasarkan hampir 2.000 proposal yang dikumpulkan dari masyarakat.

China berencana mendaratkan taikonautnya di Bulan sebelum 2030 untuk melakukan eksplorasi ilmiah. Rencana tersebut yakni meluncurkan secara terpisah dua roket pengangkut untuk mengirim sebuah pesawat ruang angkasa berawak dan wahana pendarat Bulan ke orbit Bulan.

Pesawat antariksa dan wahana pendarat Bulan akan saling melakukan pertemuan (rendezvous) dan penambatan (docking), setelah itu taikonaut akan masuk ke wahana pendarat.

Sejauh ini, penelitian dan pengembangan roket pengangkut Mengzhou, Lanyue, dan Long March-10 telah berjalan lancar, ungkap CMSA.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024