Longxian (ANTARA) - Parade Shehuo, pertunjukan populer di pedesaan di seluruh China, berasal dari tradisi pengorbanan kuno untuk memohon panen yang baik sekitar 2.000 tahun silam.

Kemudian, setelah pertunjukan tari dan lagu diserap ke Shehuo, parade itu berangsur-angsur berevolusi menjadi tradisi rakyat yang dipentaskan pada Festival Musim Semi dan Festival Lampion, yang diyakini untuk menolak bala dan memulai awal baru di tahun yang baru.

Pertunjukan rakyat Shehuo di Baoji masuk dalam daftar warisan budaya takbenda nasional China pada 2006.

Wilayah Longxian, yang pada masa lalu disebut sebagai Long Zhou, terkenal dengan parade Shehuo lokalnya yang menampilkan pertunjukan autentik dan inklusif serta riasan wajah yang sederhana namun indah.

 
Anak-anak tampil saat Parade Shehuo di Kabupaten Longxian, Kota Baoji, Provinsi Shaanxi, China barat laut, 24 Februari 2024. (Xinhua/Liu Xiao)
 
Orang-orang menghadiri pertunjukan Shehuo di Desa Zhigou, wilayah Longxian, Kota Baoji, Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 23 Februari 2024. (Xinhua/Liu Xiao)
 
Orang-orang menghadiri pertunjukan Shehuo di Desa Zhigou, Kabupaten Longxian, Kota Baoji, Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 23 Februari 2024. (Xinhua/Liu Xiao)
 
Parade Shehuo di Desa Huanghuayu, wilayah Longxian, Kota Baoji, Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 23 Februari 2024. (Xinhua/Liu Xiao)



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024