Jakarta (ANTARA) -
Lembaga filantropi Assalam fil Alamin (ASFA Foundation) menggelar pertemuan dengan Grand Mufti Yordania, Syaikh Dr Ahmad Al-Hasanat, untuk kerja sama di bidang pendidikan, keagamaan, hingga kemanusiaan.
 
Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo hadir langsung dalam pertemuan yang digelar di Amman, Yordania, tersebut.
 
"Beliau (Grand Mufti) menyambut baik upaya ASFA Foundation dalam rangka percepatan dan pengembangan SDM yang berbasis pada penguatan pesantren dan lembaga pendidikan di Indonesia," ujar Syafruddin dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.
 
Grand Mufti Yordania Syaikh Ahmad Al-Hasanat menyatakan siap memfasilitasi kegiatan tetap dan berkala bagi mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Yordania.
 
Grand Mufti menyebut mahasiswa akan diberikan program pendidikan intensif tentang ilmu Al Quran, tafsir, hadis, fikih dan usul fikih, serta lainnya. Langkah ini sebagai upaya untuk memperkaya khazanah intelektual dan pengetahuan mahasiswa.

Baca juga: Konsep filantropi Islam diyakini bisa entaskan kemiskinan
Baca juga: Filantropi Islam: sebuah kontestasi?
 
"Serta memperkokoh pandangannya dalam wasatiyyat Islam," kata Grand Mufti.
 
Grand Mufti juga mengapresiasi peran Pemerintah Indonesia, termasuk ASFA Foundation, atas sikapnya yang terus membela rakyat Palestina dan secara nyata telah ikut membantu warga Gaza.
 
Selama di Amman, Syafruddin Kambo rencananya akan bertemu dengan pejabat tinggi Yordania lainnya di Amman, seperti Menteri Pendidikan Tinggi, Menteri Wakaf dan Kepala Jordan Hashemite Charity Organization.
 
Sebelumnya, ASFA Foundation juga menggandeng Universitas Al-Azhar Kairo untuk program pelatihan percepatan kaderisasi ulama, pesantren, dan lembaga pendidikan Islam di Indonesia.
 
Para alumni Al-Azhar memiliki peran strategis dalam pembangunan bangsa Indonesia sehingga kerja sama ini penting untuk membangun SDM unggul.

Baca juga: Alumni Al Azhar fasilitasi anak muda Jambi kuliah di Kairo Mesir
Baca juga: Alumni Al-Azhar Mesir di Indonesia gelar Multaqa Nasional VII di NTB

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024