Ini festival-festival ini saya titip, kalau bisa di Jawa Barat ada yang Majalengka. Karena ada satu tari topeng ini punah, jadi saya instruksikan IndoFringe memilih satu sekolah di Majalengka yang memfestivalkan Tari Topeng
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta kepada penyelenggara IndoFringe@Sekolah 2024 untuk dapat menggelar festival Tari Topeng Majalengka guna mencegah tarian tersebut punah.

  "Ini festival-festival ini saya titip, kalau bisa di Jawa Barat ada yang Majalengka. Karena ada satu tari topeng ini punah, jadi saya instruksikan IndoFringe memilih satu sekolah di Majalengka yang memfestivalkan Tari Topeng," kata Sandiaga ditemui usai acara penghargaan IndoFringe@Sekolah 2023 dan peluncuran IndoFringe@Sekolah 2024 di Jakarta, Senin.

  Sandiaga mengatakan dengan digelarnya festival kebudayaan yang menyasar generasi muda khususnya pelajar SMA/SMK, hal ini bisa sekaligus menciptakan generasi penerus bagi tarian tradisional itu.

  Ia menilai dengan diberikannya platform atau ruang bagi generasi muda untuk berkreasi, hal ini secara langsung turut meningkatkan rasa cinta dan pengetahuan mereka terhadap kearifan dan budaya lokal.

  "Anak-anak mudanya diberikan ruang untuk berkreasi. Ada platformnya, IndoFringe ini sebagai salah satu strategi untuk memastikan tidak ada kepunahan seni budaya kita terutama Tari Topeng di Majalengka," katanya.

  Sementara itu diberitakan sebelumnya tarian tradisional asal Majalengka yakni Tari Topeng Randegan dinyatakan punah oleh seorang seniman asal Majalengka.

  Hal itu dikarenakan tari tradisional tersebut sudah kesulitan untuk mencari personel yang bisa diikutsertakan dalam acara pementasan.

  Adapun Menteri Sandiaga turut mengatakan gelaran festival IndoFringe@Sekolah 2024 ditargetkan dapat memecahkan rekor dunia dalam seni pertunjukan.

  Proyeksinya acara tersebut akan dilakukan pada 20 Agustus 2024 dengan menggaet 500 sekolah dan 60 ribu siswa di 20 kota di seluruh wilayah tanah air.

  "Kami akan mendaftarkan ini di Museum Rekor Dunia, akan menjadi penyemangat, dan harapannya setelah tercatat ini bukan hanya menjadi rekor tapi setiap tahunnya dapat ditingkatkan," katanya.

Baca juga: Sandiaga soal kalah kunjungan wisman: Mereka bebaskan visa kunjungan

Baca juga: Sandiaga Uno: Ekonomi kreatif bisa jadi penopang Indonesia Emas 2045

Baca juga: Menparekraf: IndoFringe@Sekolah 2024 targetkan capai rekor dunia


 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024