Jakarta (ANTARA) - Google mengumumkan serangkaian fitur baru untuk ponsel, mobil, dan perangkat wearable hari ini di Mobile World Congress (MWC) di Barcelona. Fitur-fitur ini termasuk penggunaan Gemini untuk membuat pesan, keterangan gambar yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI), menyingkat teks melalui AI untuk Android Auto, dan akses ke tiket pada Wear OS.

Dikutip dari Techcrunch, Senin, implementasi perusahaan untuk pembuatan gambar menghadapi banyak kritik. Namun, hal itu tidak menghentikan Google untuk merilisnya dalam konteks yang berbeda.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mulai minggu ini, Google Messages akan mendapatkan fitur yang memungkinkan Anda mengakses Gemini di dalam aplikasi. Fitur itu saat ini dalam versi beta dan hanya mendukung bahasa Inggris.

Google juga merilis fitur untuk Android Auto yang membacakan ringkasan pesan teks panjang dan memberikan konteks pada percakapan grup. Fitur ini, yang pertama kali diumumkan bulan lalu, juga memberikan saran cepat untuk balasan.

Baca juga: Google Maps perkenalkan fitur AI generatif bantu temukan tempat baru

Raksasa pencarian tersebut juga meluncurkan beberapa fitur terkait aksesibilitas di MWC. Pertama, aplikasi Lookout perusahaan, yang membantu orang dengan gangguan penglihatan dengan hal-hal seperti label makanan dan dokumen, sekarang akan menghasilkan keterangan gambar yang didukung oleh kecerdasan buatan untuk gambar yang memiliki keterangan atau teks alternatif yang hilang atau tidak akurat.

Fitur ini kini sedang diperluas kepada semua pengguna di seluruh dunia dengan dukungan untuk bahasa Inggris. Tahun lalu, Google memperbarui aplikasi Lookout dengan asisten berbasis AI, yang memungkinkan pengguna untuk bertanya tentang gambar.

Google juga memperluas dukungan pembaca layar yang diperbarui untuk Lens di Peta. Pengguna dapat mengarahkan kamera ponsel mereka di sekitar dan TalkBack akan membacakan informasi tentang tempat dan tanda-tanda.

Di bidang produktivitas, Google memperluas dukungan untuk catatan tulisan tangan ke dokumen di ponsel atau tablet Android menggunakan jari atau stylus. Anda dapat memilih dari berbagai gaya pena dan warna untuk menyoroti poin-poin tertentu dalam dokumen.

Baca juga: Google Meet hadirkan opsi fitur personalisasi penampilan

Selain itu, perusahaan juga meluncurkan dukungan untuk Spotify melalui pemutar output di layar beranda Android. Ini berarti Anda dapat melanjutkan mendengarkan lagu atau podcast dari satu sumber ke sumber lain dengan Spotify. Sebelumnya fitur ini hanya mendukung YouTube Music.

Google juga memperbarui aplikasi Fitbit dengan dukungan untuk mendapatkan data dari berbagai sumber seperti AllTrails, Oura Ring, dan MyFitnessPal. Perusahaan tersebut merancang ulang aplikasi dengan tata letak tiga tab baru tahun lalu. Tab Hari Ini menampilkan data seperti olahraga, langkah, kalori yang terbakar, dan jumlah lantai yang dinaiki. Dan tab "Anda" menampilkan data dari berbagai aplikasi bersama dengan data Fitbit sendiri.

Ada beberapa pembaruan terkait Wear OS sebagai bagian dari pengumuman ini juga. Anda sekarang dapat mengakses tiket Google Wallet seperti tiket naik pesawat, tiket acara, keanggotaan gym, dan kartu loyalitas langsung dari jam tangan.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan petunjuk arah untuk transportasi dengan menggunakan suara, juga ada opsi untuk memantulkan petunjuk arah dari ponsel atau mendapatkan petunjuk arah navigasi berbantuan kompas.

Baca juga: Google rilis fitur pencarian berbasis gambar baru untuk ponsel Android

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024