Jayapura (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwa Rumasukun dan Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Penny Williams melakukan pembahasan terkait pemberian beasiswa strata dua (S2) dan strata tiga (S3) bagi mahasiswa setempat di Kantor Gubernur di Kota Jayapura, Senin.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Jeri A Yudianto mengatakan Pemerintah Australia pada tahun ini kembali membuka kesempatan mendapatkan beasiswa S2 dan S3 bagi mahasiswa Papua.

Baca juga: Mendagri minta data penerima beasiswa mahasiswa Papua dilengkapi

“Kuliah gratis ini dibuka bagi putra dan putri asal Bumi Cenderawasih, yang memenuhi syarat dan lulus seleksi, yang nanti ditetapkan bersama dengan pemerintah setempat,” katanya.

Menurut Jery, dalam kunjungan kerja Dubes Australia untuk Indonesia ke Papua, pihaknya menawarkan kerja sama di bidang pengembangan SDM dalam bentuk beasiswa

“Ini merupakan peluang bagi mahasiswa Papua yang ingin melanjutkan program studi S2 dan S3 di negara itu," ujarnya.

Dia menjelaskan selain beasiswa, Pemerintah Australia juga menawarkan kerja sama penguatan fasilitas lewat program Skala.

“Program tersebut lebih banyak berfokus pada pendampingan, penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) serta penyediaan penguatan data, khususnya orang asli Papua (OAP),” katanya.

Sebelumnya, Dubes Australia untuk Indonesia Penny Williams dalam kunjungan kerjanya ke Kota Jayapura, Papua, mengunjungi Kantor Pusat Data dan Analisa Pembangunan (Pusdalisbang), Bappeda Papua, dilanjutkan bertemu Kapolda dan Pangdam XVII Cenderawasih Jayapura.

Baca juga: Freeport dan AMINEF sediakan beasiswa 2 juta dolar AS bagi warga Papua

Baca juga: Dubes Williams lepas penerima beasiswa Australia Awards


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024