Perseroan memiliki 34 kapal yang terdiri atas 14 kapal offshore, enam kapal marine support, enam kapal chemical tanker, lima kapal oil, dua kapal LNG, serta satu kapal FSRU
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan jasa kepelabuhan dan distribusi energi PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai 51,5 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk membeli sebanyak sembilan kapal baru pada 2024.

Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat dalam public expose insidentil di Jakarta, Senin, mengungkapkan sembilan kapal tersebut terdiri atas lima kapal tugboat, tiga kapal oil and chemical tanker, dan satu kapal liquefied natural gas (LNG).

“Capex-nya tahun ini adalah 51,5 juta dolar AS untuk membeli kapal-kapal," ujarnya.

Ia menyebut perseroan menargetkan dapat memiliki sebanyak 93 kapal hingga 2029 mendatang.

Sampai saat ini, perseroan memiliki sebanyak 34 kapal, yang terdiri atas 14 kapal offshore, enam kapal marine support, enam kapal chemical tanker, lima kapal oil, dua kapal LNG, serta satu kapal floating storage regasification unit (FSRU).

Dalam kesempatan ini, Tirta menyebut perseroan menargetkan laba bersih tumbuh 20 persen year on year (yoy) pada tahun ini, yang ditopang oleh peningkatan pendapatan pada segmen bisnis transportasi bahan kimia.

"Di 2024 kurang lebih naik sekitar 20 persen laba bersihnya. Untuk pendapatan juga naik sekitar angka yang kurang lebih sama di kisaran 20 persen," ujarnya.

Untuk mencapai target itu, perseroan telah mempersiapkan sejumlah strategi, di antaranya meningkatkan pertumbuhan client di luar perusahaan BUMN.

Saat ini, portofolio klien perseroan didominasi dari entitas BUMN, dengan 80 persen perusahaan seperti PT Pertamina, PT Pelindo, dan PT PLN.

"Perluasan klien sektor swasta bergantung pada upaya proaktif untuk menjangkau pelanggan internasional, membina kemitraan global, dan mendiversifikasi basis klien untuk pertumbuhan yang berkelanjutan," ujar Tirta.

Baca juga: HUMI siapkan capex Rp802,5 milliar guna kejar laba tumbuh 20,5 persen
Baca juga: HUMI beli kapal tanker 6 juta dolar AS guna penuhi kebutuhan methanol
Baca juga: Humpuss Maritim Internasional bukukan laba bersih 11,6 juta dolar AS

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024