Meski musim hujan Februari 2024 ini tapi di Kecamatan Bojongmangu, Cibarusah, dan Serang Baru sudah memasuki awal musim panen
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyatakan tiga wilayah kecamatan di daerah itu mulai memasuki awal musim panen meski sebagian besar wilayah tengah masuk musim hujan.

"Meski musim hujan Februari 2024 ini tapi di Kecamatan Bojongmangu, Cibarusah, dan Serang Baru sudah memasuki awal musim panen," kata Sub Koordinator Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Dodo Hadi Triwardoyo di Cikarang, Senin.

Dia menjelaskan awal musim panen di ketiga kecamatan itu dapat terjadi karena imbauan percepatan masa tanam dilakukan secara optimal sehingga hasilnya bisa dipanen dalam waktu relatif cepat dibandingkan wilayah-wilayah lain.

"Saya belum bisa merinci total hasil panen petani di tiga kecamatan ini karena baru mulai panen dan diperkirakan memasuki puncak musim panen pada Maret nanti," katanya.

Ia berharap musim panen di ketiga wilayah ini menjadi salah satu momentum untuk membantu pemerintah daerah menjaga kestabilan harga bahan pokok beras di tengah kenaikan harga saat ini.

Dodo menyebutkan sebagian besar wilayah pertanian di Kabupaten Bekasi tengah memasuki masa tanam. Periode tanam menjadi mundur akibat dampak perubahan iklim.

"Kemunduran tanam disebabkan mundurnya awal musim hujan periode rendeng sebagai dampak perubahan iklim," ucapnya.

Beberapa wilayah yang mengalami mundur masa tanam yaitu Kecamatan Babelan, Tarumajaya, Cabangbungin, Muaragembong, dan Sukawangi.

Ia mengaku masa tanam di sejumlah wilayah tersebut baru akan terselesaikan pada awal hingga pertengahan  Maret tahun ini.

Ia juga melakukan gerakan pengendalian hama tanaman padi sebagai respons menghadapi perubahan iklim. Pengendalian hama ini penting dilakukan untuk menjaga sekaligus mencegah gagal panen.

"Gerakan pengendalian organisme pengganggu tanaman dilakukan secara gotong royong bersama dengan koordinator penyuluh, penyuluh pertanian, petugas, serta kelompok tani," kata dia.

Baca juga: Pemkab Bekasi lanjutkan pembangunan Jembatan Pantai Bakti Muaragembong

Baca juga: Bina Marga Bekasi perbaiki tiga titik jalan Sukakarya

Baca juga: Bupati Bekasi dampingi Presiden Jokowi serahkan bantuan beras

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024