Labuan Bajo (ANTARA) - Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cunca Plias Robert Perkasa mengatakan Desa Wisata Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ramai dikunjungi wisatawan meski saat ini dalam masa "low season".
 
"Kami mencatat lonjakan sangat tinggi. Jumlah kunjungan periode 1 Januari hingga 26 Februari 2024 jumlah wisatawan mencapai total 2.194 kunjungan wisatawan," katanya.
 
Dia merinci dari total wisatawan sebanyak 2.194 orang itu terdiri atas sebanyak 138 wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal sebanyak 2.056 orang.
 
"Awal tahun ini walaupun bukan musim liburan sangat tinggi kunjungan, lonjakan bisa sampai dua kali lipat, jika lihat catatan sebelumnya dimana sejak bulan Juni hingga Desember 2023 tercatat sebanyak 1.220 wisatawan lokal dan 480 wisatawan mancanegara," katanya.
 
Menurut dia arus kunjungan para wisatawan ini ke destinasi wisata alam Desa Wae Lolos karena gencarnya promosi yang dilakukan oleh para pihak seperti peranan wartawan melalui pemberitaan media massa dan promosi yang dilakukan pokdarwis serta wisatawan melalui berbagai platform media sosial.
 
"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada teman-teman wartawan dan peminat media sosial atas dukungan kreatif mempromosikan destinasi wisata alam Wae Lolos dengan caranya masing-masing," katanya.
 
Hal penting lainnya yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan, lanjut dia, adalah atraksi alam dan budaya yang sangat alami dan dijaga oleh masyarakat.
 
"Daya tarik wisata yang alami, indah dan juga pelayanan kami sejauh ini. Kerja prioritas kami selama ini adalah mengutamakan kenyamanan, keselamatan para wisatawan, pelayanan yang baik dan kebersihan lokasi wisata," katanya.
 
Desa Wisata Wae Lolos merupakan desa wisata yang dapat ditempuh dari Labuan Bajo selama satu jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dan akses jalan yang bagus.
 
"Kami tawarkan tujuh spot wisata alam yakni Air Terjun Cunca Plias Satu, Air Terjun Cunca Plias Dua, Air Terjun Tiwu Galong, Kolam di Atas Awan dan Air Terjun Cunca Ri'i," katanya.

Baca juga: Desa Wisata Wae Lolos hadirkan 7 destinasi alam tarik wisatawan

 

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024