Konvensi alamiah berbasis dukungan rakyat. Artinya, calon itu muncul dari dukungan rakyat lalu diusung oleh partai,"
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai proses konvensi alamiah akan meningkatkan tingkat keterpilihan atau elektabilitas calon presiden yang diusung sebuah partai politik.

"Konvensi alamiah berbasis dukungan rakyat. Artinya, calon itu muncul dari dukungan rakyat lalu diusung oleh partai," kata Mahfud selepas mengisi seminar kebangsaan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia di Jakarta, Selasa.

Bakal calon Presiden yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengemukakan konvensi secara alamiah juga lebih efisien karena tidak menyelenggarakan proses pemilihan dengan panitia.

Mahfud mengatakan sepakat dengan mekanisme konvensi alamiah yang dilakukan PKB untuk memilih dua calon presiden pada Pemilihan Umum Presiden 2014, yaitu dirinya dan Rhoma Irama.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKB DPR Marwan Ja'far kepada sejumlah media di Jakarta, mengatakan kedua calon presiden yang diusung PKB itu sedang melakukan kampanye.

"Kedua nama itu sedang kami nilai sejauh mana popularitas dan elektabilitasnya," kata Marwan.

Namun PKB, menurut Marwan, baru akan mengumumkan hasil penilaian kedua bakal calon presiden itu selepas pemilihan umum legislatif pada 2014 mendatang.

"Mereka berdua turun ke lapangan, kami punya survei internal. Mana calon yang lebih tinggi, baik popularitas, elektabilitas, dan akseptabilitasnya," kata Marwan.
(I026/I007)

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013