Beijing (ANTARA) - China mendesak Amerika Serikat  mengambil langkah konkret dan konstruktif dalam mencapai gencatan senjata di Gaza.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning melontarkan pernyataan tersebut dalam sebuah konferensi pers ketika diminta untuk mengomentari laporan bahwa dalam pertemuan para menteri luar negeri G20 baru-baru ini, Amerika Serikat dikritik oleh beberapa negara karena menentang gencatan senjata di Jalur Gaza.

Konflik Israel-Palestina yang terjadi baru-baru ini semakin mengalami eskalasi dan situasi kemanusiaan di Jalur Gaza sangat memprihatinkan, dengan hampir 30.000 warga sipil tewas dan sekitar 1,9 juta orang lainnya mengungsi, kata Mao.

Gencatan senjata sesegera mungkin di Jalur Gaza merupakan seruan universal dan konsensus yang sangat besar dari masyarakat internasional, ujar Mao. Dia mengatakan Amerika Serikat harus memenuhi seruan tersebut dan mengambil langkah konkret untuk memainkan peran konstruktif dalam mencapai gencatan senjata serta meringankan krisis kemanusiaan.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024