Jakarta (ANTARA) - Meskipun orang-orang mungkin sering berhati-hati tentang dampak suara keras terhadap kesehatan anak-anak, penggunaan headphone dan earbud memberikan tantangan bagi orang tua untuk memantau tingkat kebisingan yang mereka terima.

Peneliti dari survei nasional terbaru menyarankan kepada orang tua untuk menyadari risiko kesehatan potensial yang terkait dengan penggunaan yang berkepanjangan dari perangkat audio, karena temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penggunaannya pada kalangan anak-anak.

Menurut Survei Nasional Kesehatan Anak-anak C.S. Mott di Rumah Sakit Anak Universitas Michigan, dua dari tiga orang tua mengatakan anak mereka menggunakan headphone atau earbud.

Baca juga: Tujuh langkah mengasuh anak di era digital

Baca juga: Gadget positif buat anak-anak, asalkan...


Di antara anak-anak yang menggunakan headphone atau earbud, 16 persen menggunakan perangkat audio mereka setidaknya selama dua jam sehari, sedangkan 24 persen mendengarkan mereka selama satu hingga dua jam.

"Selama beberapa tahun terakhir, kita sebagian besar khawatir tentang remaja yang menggunakan perangkat audio terlalu banyak. Tetapi earbud telah menjadi semakin populer dan banyak digunakan di kalangan anak-anak yang lebih muda, yang mengekspos mereka pada kebisingan yang lebih intens secara teratur," kata Co-Director Mott poll Dr. Susan Woolford, dikutip dari Medical Daily, Selasa.

"Risiko paparan kebisingan bagi anak-anak kecil secara historis melibatkan peristiwa kebisingan tunggal yang keras seperti konser atau kembang api, tetapi orang tua mungkin meremehkan potensi bahaya dari penggunaan berlebihan perangkat mendengarkan. Mungkin sulit untuk mengetahui apakah paparan kebisingan anak mereka sehat," Woolford memperingatkan.

Hasil survei menunjukkan bahwa hanya separuh dari orang tua yang mencoba membatasi penggunaan perangkat audio anak mereka, dengan strategi seperti meminta anak untuk istirahat atau menjaga waktu atau pengaturan waktu saat menggunakannya.

Para peneliti memperingatkan tentang bahaya kesehatan negatif yang terkait dengan paparan kebisingan, termasuk risiko gangguan tidur, tingkat stres yang meningkat, dan potensi kerusakan pendengaran.

"Paparan kebisingan di antara anak-anak dapat memengaruhi tidur mereka, pembelajaran akademis, perkembangan bahasa, tingkat stres, dan bahkan tekanan darah. Pada tingkat ekstrem, paparan kebisingan dapat menyebabkan kerusakan pendengaran yang tidak dapat dipulihkan bersama dengan konsekuensi kesehatan negatif lainnya.

Karena saluran telinga anak-anak jauh lebih kecil dari pada orang dewasa, tingkat suara yang dirasakan diperkuat, meningkatkan kerentanan mereka terhadap kerusakan kebisingan.

Oleh karena itu, penyebaran perangkat mendengarkan pribadi, banyak yang dipasarkan kepada anak-anak kecil, menempatkan mereka pada risiko yang lebih tinggi dari masalah yang dapat dicegah ini," kata laporan Survei Nasional Kesehatan Anak-anak.

Pendengaran dipengaruhi baik oleh volume maupun durasi paparan kebisingan. Sementara suara keras di atas 120 desibel dapat menyebabkan kerusakan seketika, kebisingan di atas 70 desibel juga dapat menyebabkan kerusakan melalui paparan yang berkepanjangan.

Orang tua dapat menggunakan trik sederhana untuk memperkirakan tingkat desibel dari perangkat audio anak dengan berbicara dengan suara normal dari jarak pendek. Jika anak tidak bisa mendengar, itu menunjukkan bahwa volume terlalu keras.

Para peneliti merekomendasikan agar orang tua berhati-hati saat membeli perangkat audio untuk anak-anak. Orang tua harus memeriksa kemasan perangkat untuk informasi tentang batasan volume dan menghindari produk-produk dengan penekanan yang kuat pada tingkat suara tinggi. Meskipun banyak produk mungkin dilabeli sebagai 'Aman untuk Anak', mereka mungkin tidak membatasi volume hingga 75 desibel.

Meskipun perangkat pembatal kebisingan dapat mencegah anak-anak meningkatkan volume, itu tidak dianjurkan selama kegiatan yang membutuhkan kesadaran akan lingkungan sekitar, seperti berjalan atau naik sepeda.
  Baca juga: Ponsel Sebabkan Radang Sendi pada Anak-anak

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024