Jakarta (ANTARA) - Dua pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, mengaku tidak sabar untuk segera memulai MotoGP musim 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-10 Maret.

“Saya pasti siap untuk memulai musim ini,” kata Espargaro, dikutip dari keterangan Piaggio Indonesia, Selasa.

Kedua pembalap pun sepakat bahwa performa mereka bersama motor Aprilia RS-GP24 di seluruh rangkaian tes pramusim MotoGP 2024 ini baik dan kompetitif. Pada rangkaian tes pramusim di Qatar, beberapa waktu lalu, Espargaro dan Aleix masing-masing berada di urutan ketiga dan keenam pada klasemen akhir.

“Sesi uji coba sering dianggap bukanlah ajang balapan yang sesungguhnya, tetapi tampil cepat di pramusim tetap penting untuk meningkatkan kepercayaan diri,” kata Espargaro.

Ia melanjutkan, kerja keras yang dilakukan oleh tim balap asal Italia selama musim dingin menuai hasil manis dengan hadirnya prototipe terbaru Aprilia yang terbukti dapat tampil adaptif dan mampu bersaing ketat dengan motor-motor pesaing yang super cepat.

“Saya harus memberikan pujian kepada seluruh tim Aprilia Racing, karena RS- GP24 adalah motor terbaik yang pernah saya kendarai,” ujar Espargaro.

Meski demikian, pembalap asal Spanyol tersebut menilai saat motor melaju kencang, kekuatan (power) yang dihasilkan masih kurang untuk bisa memaksimalkan cengkeraman ban belakang, padahal kecepatannya sangat bagus.


Baca juga: Binder makin yakin bisa bersaing ketat di MotoGP 2024

Sependapat, Vinales mengatakan ia ingin lebih banyak meluangkan waktu untuk melakukan pengaturan motor, karena ia merasa belum memberikan 100 persen.

“Tapi situasinya sangat baik, terutama karena kami sudah berkembang di sektor-sektor tercepat yang cukup menyulitkan di tahun lalu,” kata Vinales.

“Saya masih belum sepenuhnya puas dengan engine brake, terutama pada long run, tapi itu bisa diatasi dengan penyetelan pengaturan dan bisa kami perbaiki selama balapan pada akhir pekan,” ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, MotoGP 2024 menjanjikan persaingan yang semakin sengit dan menantang bersama dengan kehadiran tim-tim serta pembalap yang siap untuk tampil kompetitif demi memperebutkan gelar juara dunia musim ini.

Selain Espargaro dan Vinales di tim pabrikan, Aprilia juga turut berkompetisi bersama Raul Fernandez dan Miguel Oliveira dari Tim Trackhouse dan siap untuk bersaing bersama para pembalap top lainnya.

Baca juga: Bagnaia pertahankan dominasi selama dua hari tes pramusim di Qatar

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024