Ankara (ANTARA) - Pengadilan di Bangladesh pada Senin mengeluarkan keputusan untuk menghentikan kekejaman terhadap gajah atas nama pelatihan, demikian media lokal melaporkan.

Dua anggota Pengadilan Tinggi di Dhaka, yang dipimpin oleh Hakim Naima Haider, juga menunda penerbitan izin baru dan perpanjangan izin lama untuk memelihara gajah dan hewan liar lainnya, dengan menanyakan: “Mengapa hal tersebut tidak boleh dinyatakan ilegal?” harian berbahasa Inggris lokal Dhaka Tribune melaporkan.

Pengadilan mengeluarkan perintah tersebut berdasarkan petisi yang diajukan oleh kelompok kesejahteraan hewan setempat yang menentang perlakuan “tidak manusiawi” terhadap gajah yang ditangkap di Bangladesh.

Tertekan oleh kemarahan dan rasa sakit batin, gajah yang dianiaya telah lama terlibat dalam konflik yang mengakibatkan hilangnya nyawa dan harta benda di kawasan pemukiman.

Kelompok hak asasi hewan telah lama menentang pemberian izin gajah digunakan dalam sirkus swasta, terutama mengingat status gajah Asia yang sangat terancam punah menurut Daftar Merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam, sebuah badan global yang terlibat dalam konservasi alam.


Sumber: Anadolu
Baca juga: Gajah injak dua orang hingga tewas di Kamp Rohingya, Bangladesh
Baca juga: Dua Bersaudara Tewas Diserang Gajah di Bangladesh
Baca juga: Gajah Liar Tewaskan Empat Orang di Bangladesh

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024