Gajah injak dua orang hingga tewas di Kamp Rohingya, Bangladesh

Gajah injak dua orang hingga tewas di Kamp Rohingya, Bangladesh

Ilustrasi - Bocah pengungsi Rohingya membawa kayu bakar di pagi hari di kamp pengungsi Burma Para dekat Cox's Bazar, Bangladesh, Rabu (27/12/2017). (REUTERS/Marko Djurica)

Dhaka (ANTARA News) - Seekor gajah liar, Kamis (22/2), menginjak-injak dua orang sampai mati, salah satunya adalah anak-anak, saat hewan itu mengamuk di kamp pengungsian Rohingya di Bangladesh.

Insiden tersebut terjadi di kamp Kutupalong di distrik perbatasan Cox’s Bazar, di wilayah tenggara Bangladesh, tempat ratusan ribu pengungsi Rohingya berlindung setelah melarikan diri dari tragedi yang disebut PBB sebagai pembersihan etnis di negara bagian Rakhine, Myanmar.

"Gajah liar itu menginjak-injak seorang anak Rohingya sampai mati... dan kemudian menginjak-injak satu orang Bangladesh lainnya sampai mati saat hewan tersebut dikejar pengungsi Rohingya dan penduduk desa setempat," kata Ali Kabir, kepala departemen kehutanan distrik itu, kepada AFP.

Kabir mengatakan setidaknya lima orang lainnya terluka ketika gajah tersebut mengamuk di gubuk-gubuk rapuh dan terbuat dari bambu, yang dibangun di lahan hutan setelah aliran masuknya pengungsi dimulai hampir enam bulan yang lalu.

"Gajah menghancurkan sekitar 100 gubuk Rohingya," ujar Mohammad Nikaruzzaman, pejabat kota tersebut, kepada AFP, menambahkan bahwa gajah liar itu terpisah dari kawanannya.

Cox’s Bazar memiliki populasi lebih dari 100 gajah, namun pembangunan permukiman Rohingya secara besar-besaran di lahan hutan terakhir yang tersisa di daerah itu membuat manusia sering berpapasan dengan hewan liar. (mr)

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar