Wellington, Selandia Baru (ANTARA) - Perdana Menteri Selandia Baru (PM) Christopher Luxon mengucapkan selamat atas kelancaran proses Pemilu di Indonesia kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam pertemuan bilateral di Wellington, Selasa sore waktu setempat.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda atas terlaksananya pemilihan umum terbesar di Indonesia, termasuk pemilihan presiden di sana," kata Christopher Luxon saat membuka pertemuan bilateral di Gedung Parlemen Selandia Baru.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 25 menit di Speaker's Lounge New Zealand Parliament Buildings itu, PM Luxon berharap pemerintah Selandia Baru dapat meningkatkan kerja sama dengan pemerintah baru Indonesia.

“Kami menanti untuk bertemu dengan Presiden Indonesia minggu depan. Semoga kita bisa meningkatkan perdagangan kita,” kata PM Luxon mengakhiri pengantarnya.

Membalas ucapan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin juga mengucapkan selamat atas terpilihnya PM Luxon yang baru menjabat sebagai Perdana Menteri Selandia Baru pada 27 November 2023, setelah partainya, National Party, mengalahkan Labour Party yang berkuasa selama beberapa tahun terakhir.

“Saya juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Yang Mulia sebagai Perdana Menteri. Saya yakin, di bawah kepemimpinan Anda Selandia Baru akan terus maju dan terus memainkan peran aktif di kawasan Pasifik maupun di tataran global,” kata Wapres.

Mendampingi Wapres pada pertemuan tersebut, Duta Besar RI Wellington Fientje Maritje S., Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Koordinator Fungsi KBRI Lucky Saud.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024