"Bapak Wapres sudah melihat secara langsung petugas di Posyandu di Puskesmas Lepolepo ini,"
Kendari (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma'ruf Amin mengunjungi anak penderita gizi buruk atau stunting di Puskesmas Lepolepo, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam kunjungan tersebut, Wapres RI didampingi oleh Ibu Wury Ma'ruf dan Penjabat (Pj) Gubernur (Sultra) Komjen Pol (purn) Andap Budhi Revianto, Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sultra.

Pantauan ANTARA, jelang kedatangan orang nomor dua di Indonesia itu di Puskesmas Lepolepo, arus lalu lintas dialihkan oleh tim gabungan pengamanan Wapres RI. Setibanya di Puskesmas Lepollepo, Ma'ruf Amin langsung mengecek meja yang sudah disiapkan untuk pelayanan di Puskesmas tersebut.

"Bapak Wapres sudah melihat secara langsung petugas di Posyandu di Puskesmas Lepolepo ini," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra Hj Usniah saat ditemui di Kendari, Kamis.

Hj Usniah mengatakan bahwa kunjungan yang dilakukan oleh Ma'ruf Amin itu hanya untuk mengecek perkembangan cara mengatasi stunting di Kota Kendari.

“Kunjungannya dia mau melihat anak-anak program stunting di Sultra bagaimana cara penanganannya,” ujar Hj Usnia.

Dia juga menjelaskan bahwa Puskesmas dan dinas kesehatan sudah menyiapkan tugas-tugas sebagai kader Posyandu ataupun Tugas tenaga kesehatan.
 
Kepala Dinkes Sultra Hj Usniah. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)

Hj Usniah membeberkan bahwa berdasarkan data elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (ePPGBM) itu sudah mengalami penurunan menjadi 10,1 persen pada Februari 2024.

"Untuk penderita stunting di Provinsi Sulawesi Tenggara ada sebanyak 12.898 anak, sedangkan kalau untuk Kota Kendari ada 452 anak. Rata-rata penyebab stunting di Sulawesi Tenggara ini karena kekurangan gizi atau kronis yang lama, sejak mulai 1.000 hari pertama kelahiran," jelas Hj Usniah.

Kunjungan kerja Wapres RI Ma'ruf Amin di Kota Kendari melaksanakan dua kegiatan, yakni pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sultra dan mengunjungi anak penderita stunting di Puskesmas Lepolepo.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024