Untuk daring dapat diakses di aplikasi JAKI
Jakarta (ANTARA) - Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Taman Sari, dr Ngabila Salama mengatakan pemeriksaan kejiwaan khususnya terhadap caleg maupun tim sukses caleg bisa dilakukan secara daring apabila tidak berkenan untuk datang langsung.

"Untuk daring dapat diakses di aplikasi JAKI/ Jaksehat dengan mengisi formulir skrining e-jiwa (terjemahan formulir SRQ-20 untuk dewasa) dan akan dilanjutkan konsultasi chat online gratis dengan psikolog klinis yang disediakan Dinkes DKI Jakarta melalui menu sahabat jiwa," kata Ngabila di Jakarta, Selasa.

Layanan tersebut, kata Ngabila, tidak memberikan obat-obatan karena hanya sekedar memberikan konseling.

"Jika membutuhkan konsultasi langsung atau resep obat kami akan anjurkan datang ke RSUD Taman Sari," kata dia.

Lebih lanjut, Ngabila mengatakan, untuk layanan konsultasi luring gratis, pihaknya sudah menginformasikan pasien untuk datang ke 25 puskesmas kecamatan di DKI Jakarta yang sudah memiliki psikolog klinis.

"Atau bisa jadi dari puskesmas akan memberi rujukan BPJS untuk berobat ke rumah saki yang memiliki psikiater," ucap dia.

Dia juga juga menyampaikan sejauh ini terdapat empat dari 12 orang tim sukses caleg (calon legislator) harus dirujuk ke ahli kejiwaan setelah menjalani pemeriksaan insentif dan tingkat stres di RSUD Taman Sari.
Baca juga: Beberapa timses manfaatkan layanan kesehatan mental di RSUD Taman Sari
Baca juga: Beberapa timses caleg mendaftar konsultasi stres di RSUD Taman Sari


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024