Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta memasifkan sosialisasi pencegahan peredaran narkotika secara masif di wilayah tersebut melalui program "Kota Tanggap Ancaman Narkoba 2024".

"Langkah ini sebagai lanjutan program kerja pelaksanaan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN)," kata Asisten Pemerintahan, Sekretaris Kota Administrasi Pemerintah Kota Jakarta Utara, Iyan Sopian Hadi di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Jakarta Utara berupaya mewujudkan "Jakarta Utara Bersih dari Narkoba" (Bersinar) dengan berkomitmen sesuai yang telah tertuang dalam Instruksi Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Nomor 34 Tahun 2021 tentang P4GN di Jakarta Utara.

Ia mengatakan sosialisasi pencegahan narkoba pun harus masif hingga ke tingkat masyarakat paling bawah.

Baca juga: Polisi ungkap 29 warga Kampung Bahari positif narkoba dari tes urine

Menurut dia, banyak cara dalam memasifkan sosialisasi pencegahan narkoba, misalnya keterbatasan sumber daya manusia dan waktu, tapi dapat disiasati dengan misalnya penggunaan pertemuan virtual yang dapat membuat waktu lebih efektif.

"Bisa juga dengan pemutaran video di Kantor Kelurahan dan di Balai Warga setiap RW sehingga sosialisasi itu tersampaikan hingga ke Tingkat RT/RW,” kata dia.

Ketua Tim Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara, Indira Maharani mengatakan melalui "Kota Tanggap Ancaman Narkoba" mampu melahirkan kebijakan dan regulasi sebagai sikap tanggap.

Selain itu juga dapat membentuk kader-kader penggiat anti narkoba, posko P4GN, agen pemulihan pecandu narkoba dan lainnya.

Baca juga: Polisi tangkap pengedar narkoba di Pademangan

“Jakarta Utara sudah memiliki Instruksi Wali Kota yang khusus tentang P4GN, tinggal bagaimana kita berperan satu sama lain dan bekerja sama dengan baik dalam penanganan narkoba ini sehingga dapat mewujudkan 'Jakarta Utara Bersinar',” kata dia.

Camat Pademangan, Didit Mulyadi memastikan tetap melanjutkan program sosialisasi berkala seperti yang telah dilaksanakan di Kelurahan Bersinar, yakni Kelurahan Ancol dan Kelurahan Pademangan Timur.

Ia mengatakan, sosialisasi berkala itu salah satunya dengan memasifkan imbauan pencegahan narkoba berkeliling kampung dan tempat keramaian serta keaktifan agen-agen Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) pemulihan pecandu narkoba.

“Kami akan meneruskan program sosialisasi yang masif seperti yang telah dilakukan di Kelurahan Bersinar, yaitu Kelurahan Ancol dan Kelurahan Pademangan Timur,” kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024