Pembangunan Nusantara dengan konsep berkelanjutan dan hijau menjadi daya tarik di abad ke-21, akan mendapat banyak dukungan
Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menjalin kerja sama dan sharing knowledge dengan Otorita Ibu Kota Canberra Australia (The National Capital Authority of The Commonwealth of Australia) terkait pengembangan ibu kota.

“Ini adalah capaian baru bagi kita (Otorita IKN) untuk bekerja sama dengan (Otoritas Pemerintah Ibu Kota) Canberra. Kami berharap pertukaran pengetahuan bisa terjadi untuk hal-hal yang khusus dimiliki oleh kedua kota,” ujar Kepala Otorita IKN Bambang Susantono di Jakarta, Selasa.

OIKN menjalin kerja sama dalam MoU (Memorandum of Understanding) dengan Otorita Ibu Kota Canberra Australia di Kedutaan Besar Australia Untuk Indonesia, Jakarta pada Selasa.

Kerja sama ini meliputi pembangunan, promosi dan menumbuhkan kerja sama yang saling menguntungkan oleh kedua pihak. Canberra dengan perencanaan dan manajemen perkotaan dinilai mampu menjadi mitra pembangunan bagi Nusantara.

CEO of National Capital Authority of Australia Sally Barnes antusias atas kerja sama dengan Otorita IKN.

Baca juga: OIKN: "Groundbreaking" kelima IKN diikuti tiga bank BUMN sampai Telkom

Baca juga: OIKN rancang bentuk selebrasi, katalis, dan promosi di IKN


“Pembangunan Nusantara dengan konsep berkelanjutan dan hijau menjadi daya tarik di abad ke-21, akan mendapat banyak dukungan dari masyarakat luas termasuk kami,” kata Sally.

Dia juga menambahkan berharap untuk bisa belajar banyak soal pembangunan berkelanjutan dan cerdas yang dicanangkan oleh Otorita IKN.

Senada, Deputy Head of Mission Australia Embassy for Indonesia Steve Scott melihat kerja sama kedua negara akan saling menguntungkan mengingat Indonesia-Australia telah banyak melakukan kolaborasi di berbagai bidang.

“Australia berkomitmen untuk mendukung upaya pembangunan berkelanjutan dan pelestarian lingkungan yang dilakukan Indonesia. Selain itu kami juga berharap mampu membangun institusi pendidikan seperti kami membangun Central Queensland University di Balikpapan,” ujar Steve.

Baca juga: OIKN luncurkan Pusat Komando IKN di "groundbreaking" kelima pekan ini

Baca juga: OIKN sebut Inggris dukung IKN sebagai Kota Dunia untuk Semua

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024