Washington (ANTARA News) - Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Obama sudah memperingatkan Wall Street untuk peduli pada krisis politik yang telah menghentikan operasi pemerintah federal dan bisa memicu default (gagal bayar) pada utang AS.

Obama bertemu selama lebih dari satu jam dengan Ketua DPR yang didominasi Republik John Boehner, pemimpin minoritas Senat atau pemimpin Demokrat di Senat  Mitch McConnell, pemimpin mayoritas Senat Harry Reid dan pemimpin Demokrat di DPR Nancy Pelosi.

Namun tak ada tanda pembicaraan itu menciptakan jalan keluar untuk mengakhiri sengketa politik yang telah merumahkan ratusan ribu pegawai negeri sipil AS itu, selain juga memaksa ditutupnya museum-muesum dan taman-taman nasonal, serta mengancam pertumbuhan ekonomi.

Usai pertemuan yang tak menghasilkan kesepakatan itu, juru bicara Obama, Jay Carney, mengeluarkan pernyataan bahwa Obama berharap kesamaan pendapat akan dicapai.

Senat yang didominasi Demokrat berulang kali menahan usulan RUU pendanaan dari DPR yang dikuasai Republik yang diupayakan untuk menghambat atau menundah penandatanganan UU reformasi pelayanan kesehatan yang dipromosikan Obama.

Krisis ini membuat pemerintah berjalan tanpa APBM selama tahun fiskal baru sehingga operasi pemerintah berhenti yang akan memasuki hari ketiga Kamis waktu setempat atau Kamis malam WIB nanti, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013