Serang (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca wilayah Banten dan sekitarnya berpotensi dilanda hujan pada Rabu pagi dan siang hari dengan intensitas ringan dan sedang.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana, di Serang, Banten, Rabu, mengatakan cuaca wilayah Banten dan sekitarnya berpotensi hujan dengan intensitas ringan serta sedang pada pagi dan siang hari dengan suhu udara rata-rata 23-32 derajat Celsius dan tingkat kelembapan 60-90 persen.
 
Selain itu, kata dia, angin bergerak dari arah barat laut hingga timur laut dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.
 
Ia mengatakan wilayah Banten yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada pagi dan siang hari itu terjadi di delapan daerah yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon.
 
Selanjutnya pada malam hari rata-rata sebagian besar wilayah Banten berpotensi berawan.

Baca juga: BMKG: Waspada cuaca ekstrem di Tangerang, Pandeglang, & Lebak hari ini
 
BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang terjadi wilayah Kabupaten Lebak, Pandeglang, dan Kota Cilegon. Cuaca buruk berpotensi menimbulkan bencana alam hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, angin kencang, dan gelombang tinggi.
 
Selain itu BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kepada pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Samudera Hindia, dan Selat Sunda bagian selatan pesisir Pandeglang dan Lebak.
 
Tinggi gelombang di perairan selatan Banten, Samudera Hindia, dan Selat Sunda bagian selatan, itu berkisar 1,25 sampai 2,50 meter (sedang).
 
Untuk penyeberangan Merak (Banten)-Bakauheni (Lampung) yang melintasi perairan Selat Sunda bagian utara relatif normal dan aman, karena tinggi gelombang di perairan itu sekitar 1,25 meter (rendah).

Baca juga: BMKG: Waspada tinggi gelombang 4,0 meter di Perairan Banten 
Baca juga: BMKG: Empat daerah di Banten berpotensi dilanda cuaca ekstrem
 
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024