Barcelona, Spanyol, (ANTARA/PRNewswire) - Di MWC Barcelona 2024, Huawei mempertemukan beberapa operator global, mitra industri, dan pemuka opini untuk berdiskusi tentang masa depan sinergi jaringan-komputasi awan-teknologi pintar (network-cloud-intelligence) di zona pameran "Advance Intelligence". Huawei ingin mempromosikan transformasi digital dan pintar di berbagai industri, membangun ekosistem industri yang berkembang pesat, mempercepat siklus bisnis positif 5G, serta bersiap menyambut era 5.5G mendatang.

Desain zona pameran Huawei di Hall 1 menampilkan gambaran dunia digital dan pintar yang didukung konektivitas pintar untuk segala hal. Infrastruktur digital yang memfasilitasi dunia pintar pada masa depan akan terintegrasi secara luas dalam setiap aspek kehidupan, industri, dan masyarakat. Skenario bisnis baru untuk manusia, rumah, bisnis, dan kendaraan kelak sangat membutuhkan kapabilitas jaringan yang lebih memadai. Maka, Huawei memamerkan rangkaian lengkap produk dan solusi 5.5G, F5.5G, dan Net5.5G untuk berbagai skenario di MWC Barcelona 2024. Huawei berkomitmen bekerja sama dengan pihak operator global dan mitra industri guna menjawab tantangan dan menangkap peluang, serta memimpin dunia pintar pada masa depan.

Pada akhir 2023, lebih dari 300 jaringan komersial 5G telah diluncurkan di seluruh dunia. Jaringan komersial 5G ini melayani lebih dari 1,6 miliar pengguna. Perkembangan 5G kini berjalan dengan baik, bahkan angka pengguna 5G global meningkat tujuh kali lipat dibandingkan angka pengguna 4G pada periode yang sama. Pihak operator telekomunikasi yang memanfaatkan solusi Huawei berada di peringkat No.1 dari sisi pengalaman jaringan dalam sebuah evaluasi yang diadakan lembaga terkenal di kota-kota utama di Jerman, Austria, dan Belanda pada 2023. Huawei juga telah berkolaborasi dengan operator dan mitra industri terkemuka di dunia. Tujuannya, menemukan solusi inovatif yang memenuhi standar yang lebih tinggi dari aplikasi dan skenario 5.5G baru. Lewat kolaborasi ini, mereka gencar melakukan verifikasi teknologi dan implementasi jaringan 5.5G agar pasar 5.5G yang baru muncul dapat berekspansi.

Huawei telah membantu operator telekomunikasi memulai verifikasi dan menguji 5.5G komersial di lebih dari 20 kota di seluruh dunia. Konsensus umum di wilayah Timur Tengah juga telah tercapai seputar pengembangan 5.5G. Konsensus umum ini tercapai setelah enam anggota Gulf Cooperation Council (GCC) selesai memverifikasi 5.5G berkecepatan 10 Gbps dan inkubasi layanan baru seperti RedCap dan IoT pasif.

Tiga operator utama di China Daratan pun telah mengawali implementasi jaringan 5.5G di kota-kota besar. Jaringan 5.5G ini akan mengeksplorasi layanan bagi manusia, benda, kendaraan, industri, dan rumah yang terhubung dengan koneksi internet. Di Hong Kong, pihak operator juga telah menyelesaikan pengujian dan verifikasi kecepatan 5.5G berkecepatan 10 Gbps pada C-band dan mmWave, serta mulai menyediakan layanan 5.5G FWA.

Di Eropa, pihak operator di Finlandia telah selesai memverifikasi teknologi 5.5G pada jaringan komersial, serta mencapai kecepatan puncak di atas10 Gbps, dan memverifikasi teknologi IoT pasif. Di Jerman, pihak operator yang beroperasi pada pita frekuensi 6 GHz juga telah mencapai kecepatan puncak 12 Gbps dengan teknik multioperator.

Huawei juga akan meluncurkan model landasan telekomunikasi yang pertama di industri di ajang MWC. Model dasar ini akan menawarkan aplikasi pintar yang berbasiskan peran dan skenario penggunaan. Lewat aplikasi ini, Huawei mendukung permintaan industri atas penyediaan layanan yang cepat, garansi pengalaman pengguna yang akurat, dan efisiensi O&M di seluruh domain. Aplikasi ini ini akan membantu pihak operator memberdayakan karyawan dan meningkatkan kepuasan pengguna sehingga produktivitas jaringan semakin optimal dan komprehensif.

Menurut proyeksi, 5.5G segera diluncurkan secara komersial pada 2024. Untuk itu, Huawei mempertegas kembali komitmen kerja sama dengan pihak operator di seluruh dunia guna mengeksplorasi evolusi menuju 5.5G. Huawei ingin membantu pembangunan jaringan yang tersedia di setiap lokasi (ubiquitous network) secara efisien, kolaboratif, ramah lingkungan, stabil, dan pintar. Dengan demikian, pihak operator mampu mewujudkan pengalaman premium. Kolaborasi industri tersebut akan memperluas transformasi digital dan pintar, serta mempercepat langkah kita menuju dunia yang pintar.

Unit bisnis Huawei pada segmen perusahaan akan melansir solusi digital dan pinta cerdas terbaru untuk 10 industri, serta rangkaian produk unggulan dengan tema "Leading Infrastructure to Accelerate Industrial Intelligence". Huawei ingin bekerja sama dengan berbagai klien dan mitra di seluruh dunia guna mengeksplorasi inovasi, serta praktik transformasi digital dan pintar. Untuk itu, Huawei berkomitmen menjadi mitra paling reliabel dalam transformasi digital dan pintar di seluruh industri.

Unit bisnis Huawei pada segmen perangkat akan menampilkan rangkaian produk unggulan yang berstandar premium, trendi, serta berorientasi pada teknologi di MWC 2024. Stan pameran Huawei akan mencakup demo produk berbasiskan skenario penggunaan, termasuk "Fashion Forward", "Creation of Beauty", dan "Fitness & Health". Zona-zona pameran ini akan menampilkan berbagai solusi Huawei yang memadukan teknologi baru dalam kehidupan sehari-hari sehingga memperkaya pengalaman pengguna yang berbasiskan skenario. Selain terus berinvestasi dalam inovasi teknologi pada 2024, tim yang mengembangkan perangkat Huawei berkomitmen membuat berbagai terobosan lain, serta gaya hidup yang sarat fitur dan personal bagi konsumen global.

MWC Barcelona 2024 berlangsung pada 26-29 Februari di Barcelona, Spanyol. Selama ajang ini berlangsung, Huawei akan memamerkan produk dan solusi terbaru di stan 1H50 di Fira Gran Via Hall 1.

Menjelang peluncuran 5.5G komersial pada 2024, Huawei berkolaborasi dengan pihak operator dan mitra di seluruh dunia guna menghadirkan berbagai inovasi baru dalam jaringan, komputasi awan, dan teknologi pintar. Secara kolaboratif, kita akan menggerakkan bisnis 5G dan membangun ekosistem industri yang berkembang pesat, serta menciptakan era baru bagi transformasi digital dan pintar. Informasi lebih lanjut tersedia di: https://carrier.huawei.com/en/events/mwc2024.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024