Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia menyalurkan berbagai bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) kepada Tan Sian Lie (76) warga Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat yang hidup sebatang kara sejak suaminya meninggal pada tahun 2021.

Mengetahui kondisi Tan Sian Lie yang masuk dalam kategori lansia rentan, Kementerian Sosial lantas segera mengirimkan bantuan berupa paket nutrisi, sembako, dan perlengkapan rumah tangga.
 
“Kami akan terus memantau dan memberikan pelayanan kepada Ibu Tan Sian Lie,” ucap Fajar Putra Nur Rahman selaku staf Direktorat Rehabilitasi Sosial Lansia dalam rilis yang disiarkan Kementerian Sosial di Jakarta pada Rabu.
 
Pihaknya juga memberikan bantuan berupa tongkat kruk tiga kaki untuk memudahkan Tan Sian Lie beraktivitas serta bantuan makanan 3 kali sehari dengan melibatkan warung terdekat.

Baca juga: Kemensos bantu pengobatan pasien cerebral palsy di Musi Banyuasin
 
Selama ini, Tan Sian Lie bisa berjalan dengan pelan dengan menggunakan bantuan tongkat kayu. Ia juga mempunyai keluhan nyeri di kaki dan lambung meskipun sudah minum obat serta fungsi pendengaran yang sudah menurun.
 
“Karena sudah sepuh, dan tidak memungkinkan bekerja serta tidak mempunyai penghasilan, akhirnya untuk kebutuhan makan sehari-hari, kami para tetangga yang menyediakan buat Enci,” kata tetangga Tan Sian Lie Samilah.
 
Tan Sian Lie pun sangat gembira mendapatkan berbagai bantuan tersebut, apalagi bantuan kruk tiga kaki sangat bermanfaat untuk membantunya beraktivitas sehari-hari.
 
Semangatnya tumbuh kembali setelah mendapat berbagai bantuan dari Kemensos. Bukan hanya itu, Kementerian Sosial juga mengajak dirinya untuk memeriksakan kesehatannya di Rumah Sakit Medika Bogor untuk mengetahui penyakit yang ia derita.
 
Kementerian Sosial pun kemudian membantu mengurus dan menyelesaikan berbagai administrasi kependudukan Tan Sian Lei, seperti pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga dan BPJS Penerima Bantuan Iuran. Tan Sian Lie juga dimasukkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan Atensi bagi warga Desa Golo Wune, NTT
Baca juga: Mensos sambangi anak penjual keripik bantu pengobatan sang ayah

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024