Indragiri Hilir, Riau (ANTARA) — Sambu Group memberikan bantuan pembangunan tanggul sepanjang lebih dari 2.000 meter di Desa Air Tawar, Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir, sejak 15 Agustus 2023. 

Tanggul ini dapat berfungsi menahan masuknya air ke kebun kelapa dan tanah warga serta bermanfaat juga sebagai badan jalan. Sehingga keberadaanya bisa difungsikan untuk kegiatan transportasi masyarakat, selain fungsi utamanya untuk menahan laju luapan air.

“Bantuan pembangunan tanggul oleh Sambu Group  sangat membantu aktivitas masyarakat sekitar dalam kegiatan sehari-hari. Sehingga tidak terjadi lagi kebun yang rusak akibat air laut yang masuk, dan pemukiman yang tergenang banjir,” ujar Camat Kateman, Junaidi.

Sementara itu, A. Ginting selaku Humas Sambu Group menambahkan, pembangunan tanggul ini dilatarbelakangi oleh perubahan iklim yang berimbas kepada ekosistem kelapa, sehingga terjadi keluhan dari petani kelapa dan masyarakat yang areanya kerap tergenang banjir saat air pasang dan juga saat turun hujan lebat.

“Oleh karena itu, kami mengambil respon cepat dan solutif berupa bantuan pembangunan tanggul. Tanggul yang kami bangun juga diharapkan bisa mendukung aktivitas warga masyarakat sekitar, sehingga bertambah manfaatnya,” ungkapnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024