Jakarta (ANTARA) -
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyerahkan bantuan Rumah Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) dan Kementerian Sosial dalam bentuk Rumah Sejahtera Terpadu (RST) bagi 11 warga di desa Seuneubok Simpang, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.
 
Dalam rilis Kementerian Sosial yang disiarkan di Jakarta pada Rabu malam, ia mengatakan delapan rumah layak huni tahan gempa tersebut merupakan kerja sama dengan Dana Kemanusiaan Kompas sedangkan tiga unit lainnya merupakan dana hibah Kementerian Sosial dengan luas masing-masing rumah 32 m2.
 
Pembangunan kesebelas rumah itu berdasarkan hasil scanning media yang dilakukan Kementerian Sosial. Sebelumnya, pihaknya hanya mendapatkan laporan 3 rumah yang tidak layak huni. Akan tetapi, jumlah tersebut bertambah setelah tim Kementerian Sosial terjun ke lapangan sehingga jumlahnya menjadi 11 rumah yang tidak layak huni.
 
“Bukan hanya 3 rumah yang dilaporkan di media scanning, tetapi ternyata juga ada tetangga sekitar yang kondisi rumahnya rusak. Akhirnya kita sepakati kita bantu 11 unit rumah” kata Mensos Risma.

Baca juga: Mensos ingatkan pendamping PKH untuk kerja ikhlas sejahterakan warga

Baca juga: Mensos Risma bertemu penyandang disabilitas penyintas gempa Padang 

 
Ia juga mengatakan rumah tersebut sengaja dirancang tahan gempa dengan menggunakan bata khusus yang diperkuat dengan beton. Pembuatan bata ini dilakukan oleh masyarakat dan kemudian dibeli sehingga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat setempat.
 
Sementara itu saat menyerahkan bantuan rumah, Manajer Eksekutif Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) Anung Wendyartaka mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas jalinan kerja sama dengan Kementerian Sosial dalam pembangunan rumah tahan gempa.
 
“Semoga kerja sama dengan Kemensos ini bisa berlanjut di bidang lainnya,” ujar Anung dalam rilis Kementerian Sosial yang disiarkan di Jakarta pada Rabu malam.
 
Selain bantuan rumah, Mensos juga memberikan bantuan lain melalui Sentra Insyaf Medan dalam bentuk pengembangan usaha senilai Rp1.246.000 dan modal usaha senilai Rp5.000.000.
 
Selain itu Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam memberikan pula bantuan berupa kompor rakyat dengan nilai Rp. 214.524.000 dan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) batu bata interlock senilai Rp. 88.893.000.
 
Mensos Risma juga menyempatkan untuk meninjau proses pembangunan salah satu rumah yang dibangun dari dana hibah Kemensos.*

Baca juga: Mensos sambangi anak penjual keripik bantu pengobatan sang ayah

Baca juga: Kemensos bantu dua balita & dewasa pasien penyakit berat untuk sembuh

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024