Jakarta (ANTARA) -
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini pada Senin mengunjungi dan memberikan bantuan sosial kepada sejumlah pasien terdiri dari dua orang balita dan satu orang dewasa yang tengah menjalani pengobatan akibat penyakit berat untuk sembuh.
 
Berdasarkan rilis Kementerian Sosial (Kemensos) yang disiarkan di Jakarta, Senin, mereka adalah Ashraf Al-Abqary (2) balita asal Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang menderita bocor jantung, serta Desmon Naftal (4) balita asal Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), yang mengalami kelainan pada saluran urine.
 
Selain itu Mensos Risma juga bertemu Hermansyah (47) asal Kota Pringsewu, Lampung, yang mengalami kelainan syaraf motorik.
 
"Nanti dirawat di Jakarta aja ya, bu," kata Mensos Risma kepada salah satu orang tua dari anak yang ditemuinya di Sentra Handayani, Jakarta, Senin.
 
Kemensos melalui sentra-sentra di daerah telah memberikan bantuan kepada ketiganya baik bantuan akses ke fasilitas kesehatan maupun bantuan pendukung.

Baca juga: Kemensos bantu pengobatan remaja penderita kanker tulang untuk sembuh
 
Desmon misalnyatelah mendapat rujukan Sentra Abiseka di Pekanbaru untuk menjalani pengobatan di Jakarta. Ia telah 10 bulan tinggal di Jakarta dengan mendapatkan bantuan akomodasi serta transportasi ke rumah sakit dari Sentra Handayani.
 
"Awalnya memang susah menyesuaikan diri, tapi lama-lama bergaul dengan pegawai ternyata nyaman dan menyenangkan," kata ibu kandung Desmon, Angelin.
 
Berdasarkan penuturan Angelin, ia mendapatkan bantuan usaha berupa katering dan sembako, selain bantuan untuk Desmon.
 
Total bantuan ATENSI yang diterima keluarga Desmon mencapai Rp13,5 juta berupa bantuan nutrisi, alat kebersihan diri, alat permainan edukatif, dan bantuan wirausaha.
 
“Berbagai bantuan dari Menteri Sosial ini menumbuhkan semangat kami untuk sabar menjalani proses pengobatan agar bisa segera sembuh,” ujarnya.

Baca juga: Kemensos beri bantuan pada 2 balita piatu di Cikarang Barat
 
Selain Desmon, keluarga Ashraf juga mendapatkan bantuan ATENSI berupa nutrisi, alat permainan edukatif, kewirausahaan, biaya pengobatan, dan bantuan operasional, dengan total Rp15 juta.
 
Sementara itu Hermansyah mendapatkan bantuan berupa sembako, nutrisi, sandang, alat kebersihan diri, dan bantuan kewirausahaan.
 
Dalam memberikan bantuan, Mensos berkomitmen membantu sampai tuntas. Oleh karena itu segala aspek dibantu, termasuk memfasilitasi pencatatan sipil bagi anak, pendaftaran BPJS PBI-JKN, dan hal-hal yang dianggap perlu.
 
Kemensos juga bersama dengan kitabisa.com berupaya membiayai yang tidak bisa ditanggung BPJS. Donasi yang telah terkumpul untuk Desmon sebesar Rp34,7 juta, untuk Ashraf Rp26 juta, dan untuk Hermansyah Rp47,7 juta.

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan Atensi kewirausahaan lansia di Sidrap

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024