Namanya website aplikasi lelang lelang.go.id, kita banyak membantu pelaku UMKM yang kesulitan dalam mempromosikan atau memasarkan produk UMKM-nya
Kupang (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Bali dan Nusa Tenggara (Kanwil DJKN Bali Nusra) mengajak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk memanfaatkan layanan lelang lewat aplikasi yang telah disiapkan oleh DJKN.

"Namanya website aplikasi lelang lelang.go.id, kita banyak membantu pelaku UMKM yang kesulitan dalam mempromosikan atau memasarkan produk UMKM-nya," kata Kepala Seksi Informasi Kanwil DJKN Bali Nusra Yuniantoro Sudrajad secara daring dalam Konferensi Pers "Katong Pung APBN" di Kota Kupang, Rabu.

Pada 2023, DJKN Bali Nusra melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kupang telah membantu pelaku UMKM di Kota Kupang dalam memasarkan dan membantu mempromosikan produk UMKM khususnya produk madu, tanaman bonsai, hingga kain tenun khas NTT lewat lelang produk UMKM.

Sebelum masuk pada proses lelang, KPKNL Kupang memberikan bimbingan layanan, lalu asistensi pelaku UMKM untuk bisa mengembangkan usahanya, kemudian dipermudah usahanya dengan ikut dalam lelang produk UMKM.

Lewat lelang produk UMKM pada tautan resmi Lelang Indonesia dari DJKN itu, Yuniantoro mengatakan pihaknya berusaha memperluas atau mengamplifikasi produk UMKM.

Dengan demikian, masyarakat bisa mengetahui bahwa ada andil peran pemerintah khususnya Kementerian Keuangan dalam membantu pelaku UMKM mengembangkan dan memperluas produknya.

Ia pun mengajak pelaku UMKM untuk melelang barang usaha yang dimiliki lewat aplikasi tersebut.

DJKN membuka akses seluas-luasnya kepada para pelaku UMKM dan siapa pun yang ingin melelang barangnya, sehingga produk yang ada dapat lebih dikenal atau disebarluaskan kepada para pembeli, baik dalam maupun luar negeri.

"Dengan adanya aplikasi ini maka bisa meningkatkan nilai tambah atau pun meningkatkan produknya sehingga bisa lebih dikenal untuk masyarakat luas," ucap Yuniantoro.

Baca juga: DJKN targetkan nilai transaksi lelang pada 2024 capai Rp35 triliun

Baca juga: DJKN bukukan transaksi lelang Rp44,34 triliun pada 2023


 

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024