Kami mendukung Pak Sutarman, karena beliau dekat dengan warga NU yang merupakan basis massa PKB,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI Marwan Ja'far mengatakan fraksi yang dipimpinnya akan mendukung calon Kapolri Komjen Pol Sutarman menjadi Kapolri.

"Kami mendukung Pak Sutarman, karena beliau dekat dengan warga NU yang merupakan basis massa PKB," kata Marwan Jakfar, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

Menurut Marwan, Sutarman pernah menjadi ajudan Presiden KH Abdurrahman Wahid, sehingga dia banyak bergaul dengan warga Nahdlatul Ulama (NU) yang saat ini menjadi basis massa PKB.

Ketika Sutarman menjadi Kapolda, di Kepulauan Riau, Jawa Barat, dan Metro Jaya, kata dia, juga menjaga hubungan silaturahmi dengan warga NU.

Selain dengan warga NU, menurut Marwan, Fraksi PKB DPR RI juga memiliki pertimbangan lain mengapa memilih Komjen Pol Sutarman.

Ia menjelaskan, Sutarman memiliki rekam jejak yang baik, kemampuan, dan bersikap profesional sesuai tugas dan fungsi Polri.

"Pak Sutarman pantas menjadi Kapolri menggantikan Pak Timur Pradopo yang akan pensiun," katanya.

Marwan menegaskan, sikap profesional dari seorang Kapolri dan netralitas lembaga Polri sangat penting menjelang Pemilu ini.

Anggota Komisi VII DPR RI itu menambahkan, Kapolri yang memimpin sekitar 500.000 personil polisi harus mempu menjaga personil anggotanya agar tidak terkooptasi kepada kekuatan politik tertentu.

Jika nanti terpilih sebagai Kapolri, kata dia, Sutarman harus mampu menjaga mengamankan pelaksanan pemilu 2014 agar berlangsung secara demokratis dan indepenen.

"Kami harapkan Pak Sutarman mampu berbuat maksimal bagi bangsa dan negara Indonesia," pungkasnya.
(R024/Z003)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013