Ada rajutan, batu ukir, batik kemang, hingga batik berbahan dasar arang kelapa,
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memamerkan sembilan jenis produk kerajinan pada International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Kabupaten Bogor Siti Chomzah di Cibinong, Bogor, Kamis, menjelaskan sembilan produk yang dipamerkan itu berupa fesyen  dan aksesoris. 

"Ada rajutan, batu ukir, batik kemang, hingga batik berbahan dasar arang kelapa," ungkapnya.

Baca juga: Pelaku UMKM asal Wonosobo olah rami jadi kain batik di Inacraft 2024

Beberapa produk yang dipamerkan itu bahkan dibeli oleh Presiden Joko Widodo saat menyambangi stan Dekranasda Kabupaten Bogor serta stan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor dalam Inacraft 2024.

Ia menjelaskan, dari sembilan produk yang dipamerkan, Dekranasda Kabupaten Bogor menyerahkan dua produk untuk dinilai dalam Inacraft Award. Dua produk tersebut yaitu batu ukir dan jam terbuat dari bambu tanpa baterai.

"Dua kerajinan ini merupakan karya seni yang luar biasa semoga kita bisa jadi terbaik pada Inacraft Award tahun 2024 ini," kata Siti.

Ia menyebutkan, Inacraft 2024 menjadi bahan studi, karena merupakan kesempatan bagi para perajin untuk bisa melihat produk-produk unggulan kerajinan dari beberapa daerah di Indonesia, sehingga dapat memotivasi para perajin untuk meningkatkan kualitas produknya, serta melahirkan inovasi-inovasi menyesuaikan tren pasar yang berlaku saat ini.

"Mudah-mudahan ajang Inacraft 2024 ini dapat mendorong para UMKM agar bisa mempromosikan produknya lebih optimal," ujarnya.

Baca juga: Kerajinan tangan NTB meraih omzet berlipat berkat Inacraft

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat Rochmat Taufik Garsadi mengapresiasi keikutsertaan Dekranasda Kabupaten Bogor dalam ajang Inacraft 2024.

"Artinya kerajinan yang bisa tampil dalam ajang ini adalah produk unggulan yang sudah melalui tahap kurasi yang sangat selektif dan siap untuk dipasarkan," kata Rochmat.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024