Ottawa (ANTARA) - Pemerintah federal Kanada pada Rabu (28/2) mengumumkan sebuah kesepakatan untuk mendukung pembangunan fasilitas hidrogen dan amonia hijau skala komersial pertama Kanada di Newfoundland dan Labrador.

Global Affairs Canada dalam sebuah rilis berita mengatakan bahwa Export Development Canada dan World Energy GH2 telah mencapai kesepakatan terkait persyaratan untuk fasilitas kredit senilai 95 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp15.655) guna mendukung pembangunan Proyek Nujio'qonik.

Proyek yang terletak di pantai barat Newfoundland dan Labrador itu akan membantu menempatkan Kanada Atlantik di panggung global sebagai pemimpin dalam energi bersih, memajukan komitmen di bawah Aliansi Hidrogen Kanada-Jerman, menurut rilis tersebut.

Kanada pada Agustus 2022 menandatangani perjanjian dengan Jerman untuk bekerja sama dalam produksi dan pengiriman produk-produk hidrogen bersih ke Eropa.

Ladang angin tersebut diharapkan dapat menghasilkan sekitar 250.000 ton hidrogen per tahun dan kemudian mengonversinya menjadi amonia untuk diekspor ke Eropa mulai 2026 mendatang.

Menurut Global Affairs Canada, lebih dari 90 proyek pertumbuhan bersih dengan nilai total melebihi 40 miliar dolar Kanada (1 dolar Kanada = Rp11.597) atau sekitar 29,5 miliar dolar AS, termasuk investasi swasta, telah dimulai dalam tiga tahun terakhir atau akan segera memasuki tahap konstruksi di seluruh Kanada. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024