Biasanya tidak ada aktivitas, tamu sudah disiapkan makanan di dalam tanpa perlu keluar hotel
Denpasar (ANTARA) - BUMN PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) mencatat hotel di kawasan pengelolaan the Nusa Dua di Kabupaten Badung, Bali mulai menawarkan paket Hari Raya Nyepi periode 10-12 Maret 2024.

“Hotel diberikan kebebasan untuk bundling paket Nyepi,” kata General Manager ITDC the Nusa Dua I Made Agus Dwiatmika di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis.

Ada pun paket yang ditawarkan itu yakni menginap minimal dua malam, makan malam dan makan siang.

Sedangkan aktivitas selama Nyepi, hanya diperkenankan di dalam kawasan hotel dan tidak berkeliling kawasan the Nusa Dua saat hari H Nyepi yakni 11 Maret 2024.

“Biasanya tidak ada aktivitas, tamu sudah disiapkan makanan di dalam tanpa perlu keluar hotel. Tidak boleh keluar di kawasan the Nusa Dua,” imbuhnya.

Ia menargetkan tingkat keterisian kamar hotel di kawasan mewah itu mencapai di atas 50 persen, dari rata-rata okupansi saat ini mencapai hingga 70 persen.

Agus menambahkan rata-rata paket Nyepi yang dijual selama dua malam yakni 10-12 Maret dengan paket lengkap kepada para tamu.

Kebanyakan tamu yang menginap pada pelaksanaan tahun sebelumnya yakni WNI yang tidak menjalankan Nyepi dan juga warga negara asing.

“Melihat animo ketersediaan kamar, animonya tinggi karena makin hari makin sedikit ketersediaan kamarnya,” ucapnya.

Sementara itu, beberapa hotel bintang lima di kawasan the Nusa Dua yang dikelola ITDC sudah melakukan penawaran di antaranya melalui media sosial.

Hotel Grand Hyatt Nusa Dua dan Merusaka Nusa Dua misalnya menawarkan harga yang sama pada periode 10-12 Maret yakni Rp1.750.000 per kamar per malam.

Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 jatuh pada Senin, 11 Maret 2024.

Rangkaian Nyepi dimulai pada Minggu (10/3) atau sehari menjelang Nyepi yakni pelaksanaan upacara mecaru Tawur Agung atau penyucian alam semesta dan pada sore harinya diwarnai parade mengarak ogoh-ogoh atau boneka raksasa berwujud menyeramkan.

Filosofi ogoh-ogoh itu menggambarkan sifat buruk manusia yang harus dimusnahkan menyambut tahun baru caka.

Kemudian pada hari H Nyepi, umat Hindu menjalankan catur brata penyepian atau empat kegiatan yang tidak dilaksanakan yakni amati karya atau tidak bekerja/beraktivitas, amati lelungaan atau tidak bepergian, amati lelanguan atau tidak bersenang-senang, dan amati geni atau tidak menyalakan api/lampu.

Kemudian sehari setelah Nyepi disebut Ngembak Geni yang menandai berakhirnya catur brata penyepian dan sekaligus pada 12 Maret 2024 adalah libur cuti bersama Nyepi.

Baca juga: ITDC garap wisata minat khusus genjot hunian hotel di Nusa Dua Bali
Baca juga: InJourney lakukan beberapa penyesuaian ajang F1 Powerboat 2024
Baca juga: ITDC anggarkan Rp40 miliar peremajaan kawasan the Nusa Dua Bali 2024

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024