Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat akan terus melaksanakan sanksi terhadap Iran meskipun mereka juga menempuh solusi diplomasi terhadap program nuklir Teheran, kata pejabat tinggi AS, Kamis.

Sanksi internasional terhadap hal yang disebut pihak Barat sebagai program senjata nuklir Iran telah berdampak buruk terhadap perekonomian Iran.

"Kami telah menyatakan secara jelas bahwa hanya langkah kongkret yang dapat meringankan sanksi," kata Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk urusan Politik, Wendy Sherman kepada parlemen.

"Kami akan tetap memberlakukan sanksi secara sungguh-sungguh sambil mencari solusi negosiasi dan akan fokus pada usaha pihak Iran agar sanksi tersebut diringankan."

Sherman, ketika berbicara kepada Senat Komite Hubungan Internasional, memperingatkan bahwa krisis politik yang melanda Washington akan menghambat pemberlakuan sanksi tersebut.

"Kemampuan kami untuk memberlakukan sanksi dan menghentikan mereka yang menghindar dari sanksi sedang dihambat secara signifikan oleh  penghentian sementara operasi pemerintah," katanya.

Pada Senin tengah malam, pemerintah federal AS kehabisan dana setelah Kongres batal menyetujui langkah menghentikan kesenjangan anggaran.

Ratusan ribu pengawai pemerintah dirumahkan dan badan-badan pemerintah tidak beroperasi.

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013