Iya, dua objek wisata harus bersih dari narkoba. Ini pas dan tepat karena kami masih menuju program Kabupaten Kota Sehat.
Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mencanangkan destinasi bersih narkoba (Bersinar) di dua objek wisata yaitu Forest Kopi dan Si Kembang Park yang berada di Kecamatan Blado.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang Yarsono di Batang, Kamis, mengatakan bahwa pencanangan destinasi Bersinar itu sebagai upaya mewujudkan Sapta Pesona di bidang pariwisata di daerah itu.

"Iya, dua objek wisata harus bersih dari narkoba. Ini pas dan tepat karena kami masih menuju program Kabupaten Kota Sehat," katanya.

Baca juga: Pemprov Sulteng petakan objek wisata untuk pengembangan ekonomi

Selain itu, kata dia, arah pencanangan destinasi Bersinar tidak hanya sekadar pada penyalahgunaan narkoba namun juga menjadi objek wisata yang bebas dari asap rokok.

Menurut dia, pihaknya akan melakukan kolaborasi dengan organisasi perangkat daerah lainnya seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup untuk menyukseskan program tersebut.

"Setelah dua objek wisata sebagai destinasi Bersinar dicanangkan, kami secara bertahap akan melakukan hal serupa di beberapa destinasi wisata lainnya," katanya.

Baca juga: Wali Kota Semarang dorong objek wisata penuhi akses difabel

Yarsono mengatakan objek wisata bebas narkoba ini sebagai bentuk implementasi dari Sapta Pesona yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan.

"Kami siap mengupayakan destinasi wisata di daerah bersih dari narkoba. Oleh karena itu, kami siap mensosialisasikan dan memasang spanduk berupa baliho bertuliskan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika di objek wisata," katanya.
 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024