Pengamanan sesuai dengan standar prosedur keamanan kepala negara akan diberlakukan sama antara pemimpin satu dengan lainnya.
Nusa Dua (ANTARA News) - Panitia Nasional KTT APEC 2013 menyatakan pembatalan kehadiran Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, tidak akan mempengaruhi pengaturan pengamanan selama berlangsungnya konferensi tersebut.

"Tak ada perubahan pengaturan pengamanan selama KTT APEC pascapembatalan kehadiran Obama," kata Wakil Ketua Panitia Nasional KTT APEC 2013, Chairul Tanjung, saat memberikan keterangan persnya di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat.

Menurut dia, prosedur pengamanan akan tetap dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah diagendakan sebelumnya. Pengamanan sesuai dengan standar prosedur keamanan kepala negara akan diberlakukan sama antara pemimpin satu dengan lainnya.

Sebagai gantinya, Menteri Luar Negeri AS John Kerry akan memimpin delegasi AS pada KTT APEC.

Meski digantikan oleh menteri luar negerinya, panitia juga memastikan bahwa pengamanan akan berlaku sama dan tak ada perubahan.

"Tentu kami akan mengamankan dia (John Kerry). Kami pastikan bahwa semua mendapatkan perlindungan keamanan," katanya.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dalam keterangan persnya di Nusa Dua, Bali pada Jumat ini menyatakan bahwa Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dipastikan tidak dapat menghadiri forum ekonomi itu karena masalah di dalam negerinya.

"Kami mendapat informasi dari Gedung Putih pada pukul 8.50 WIB di Jakarta, bahwa Presiden Barack Obama tidak jadi datang ke Indonesia menghadiri KTT APEC 2013 karena masalah dalam negeri," kata Marty.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013