Martapura (ANTARA) - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendy meminta kepada seluruh tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah itu.

"Sejauh ini pelayanan di bidang kesehatan di OKU Timur sudah cukup baik, namun harus lebih ditingkatkan lagi agar masyarakat benar-benar puas dalam berobat," kata Muhadjir Effendy saat meninjau pelayanan RSUD OKU Timur di Martapura, ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Kamis.

Dalam kunjungannya itu, Menko PMK mengungkapkan rasa bangganya dengan RSUD yang sudah berdiri selama 20 tahun  tersebut.

Meskipun berstatus type C, namun fasilitas yang ada di rumah sakit itu cukup memadai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah tersebut.

"Sangat penting juga bagi para nakes untuk meningkatkan keterampilan karena teknologi kesehatan lebih cepat berkembang dibandingkan sektor lainnya," katanya.

Jika masih ada perlengkapan fasilitas RSUD OKU Timur yang masih kurang, Menko PMK meminta pihak rumah sakit untuk berkirim surat kepada pemerintah pusat guna melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

"Silahkan berkirim surat dan ajukan sebanyak-banyaknya, nanti akan saya sampaikan agar bisa dipenuhi oleh kementerian teknis," ujarnya usai menyerahkan secara simbolis bantuan berupa obat dan BMHP untuk RSUD OKU Timur.

Baca juga: Menko PMK sebut bantuan pangan berlanjut hingga Juni 2024

Sementara, Direktur RSUD OKU Timur, Sugihartono dalam laporannya menerangkan bahwa RSUD OKU Timur menjadi rumah sakit rujukan bagi kabupaten tetangga.

"RSUD OKU Timur ini juga menjadi rujukan bagi pasien dari kabupaten tetangga seperti Kabupaten Way Kanan karena jika dirujuk ke Palembang sangat jauh," ujarnya.

Baca juga: Menko PMK ungkap tujuan bahas program makan gratis di Sidang Kabinet

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024