Kita tentu patut berbangga, Sulsel menjadi salah satu pilot project LKPP untuk pengadaan pemerintah yang berkelanjutan
Makassar (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Selatan menjadi salah satu proyek percontohan atau pilot project pengadaan pemerintah yang berkelanjutan atau Sustainable Public Procurement (SPP) oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI.

Pemerintah Provinsi Sulsel menjadi salah satu provinsi yang mendapat undangan dari LKPP RI dari lima provinsi di Indonesia untuk menghadiri peluncuran Piloting dan Business Matching Pengadaan Pemerintah yang berkelanjutan di Jakarta, Kamis.

Baca juga: LKPP sosialisasikan peluang usaha belanja pemerintah via e-katalog

Pj Sekda Sulsel Andi Muhammad Arsjad melalui keterangannya di Makassar, Kamis berharap agar stakeholder terkait, khususnya organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sulsel dapat mendukung pencapaian percontohan SPP ini.

"Kita harusnya mengutamakan pengadaan barang/jasanya ke produk-produk ramah lingkungan serta dukungan regulasi dari Pemerintah Pusat agar SPP yang sudah digagas oleh LKPP RI sejak 2010 dapat segera diwujudkan," ujarnya.

Pada peluncuran Piloting dan Business Matching Pengadaan Pemerintah yang berkelanjutan di Jakarta ini dihadiri oleh Pj Sekda Sulsel Andi Muhammad Arsjad didampingi oleh Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sulsel A. Kasman Abidin.

Baca juga: Apkasi luncurkan APN 2024 dorong serapan TKDN pengadaan barang/jasa

Dikatakan, bahwa LKPP berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaksanakan piloting project pengadaan pemerintah yang berkelanjutan pada lima wilayah, yakni Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan Kepulauan Riau.

Ditambahkan Kepala Biro PBJ Sulsel Kasman Abidin mengatakan bahwa peluncuran nasional ini untuk peresmian proyek percontohan SPP di Indonesia, sekaligus meningkatkan akses pemerintah untuk pengadaan produk-produk ramah lingkungan/eco-label dengan pelaku industri.

"Kita tentu patut berbangga, Sulsel menjadi salah satu pilot project LKPP untuk pengadaan pemerintah yang berkelanjutan. Hal ini pun mendorong penguatan ekosistem pengadaan hijau/berkelanjutan," ujarnya.

Baca juga: Menteri PANRB awali 2024 pimpin persiapan GovTech dan rekrutmen ASN

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024