Jakarta (ANTARA) - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) terus menjalankan pekerjaan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I di Provinsi Jawa Barat. Proyek yang dimiliki WIKA Tirta Jaya Jatiluhur (WTJJ) ini memiliki IPA pada 2 lokasi yakni di Bekasi dan Cibeet yang bertujuan untuk melayani kebutuhan air di DKI Jakarta dan Jawa Barat dengan mengelola air baku dari Bendungan Jatiluhur.

Pada proyek strategis nasional (PSN) ini, WIKA yang tergabung dalam konsorsium bersama JKON - Tirta Jabar KSO memiliki porsi sebesar Rp1,03 Triliun. Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito (BW) menyampaikan bahwa saat ini, WIKA tengah fokus mengerjakan IPA Bekasi Bekasi, IPA Cibeet Karawang, pengeboran untuk instalasi pipa transmisi dengan menggunakan MTBM sampai titik off take sentra timur.

“IPA Bekasi sendiri memiliki luas area sebesar 3,2 Ha dengan kemampuan produksi sebesar 4400 liter/detik untuk melayani kebutuhan air masyarakat Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan DKI Jakarta. Sementara IPA Cibeet Karawang memiliki luas area sebesar 1,1 Ha dengan kemampuan produksi sebesar 350 liter/detik untuk melayani kebutuhan air masyarakat Kabupaten Karawang,” jelas Agung BW. 

Keberadaan SPAM Jatiluhur sekaligus mendukung upaya Pemerintah dalam memperbaiki kondisi lingkungan di Jakarta, sekaligus mengurangi penggunaan air tanah sebagai kebutuhan air minum dan mengatasi penurunan permukaan tanah.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024