Lampedusa (ANTARA News) - Petugas penyelamat Italia menemukan 111 mayat dari kapal imigran yang tenggelam di lepas pantai Pulau Lampedusa, Kamis, dan diperkirakan akan menemukan lebih dari 100 mayat lagi dalam kecelakaan kapal itu, kata seorang penjaga pantai, Jumat.

Pihak berwenang telah menyelamatkan 155 penyintas setelah kapal sepanjang 20 meter ( 66 kaki ) yang membawa sekitar 500 imigran itu, sebagian besar berasal dari Eritrea dan Somalia, tenggelam tidak lebih dari 1 kilometer (setengah mil) dari bibir pantai.

"Dua kapal motor tetap berada di daerah tersebut semalam dan pagi ini penyelam kembali bekerja, kami perkirakan akan menemukan lebih dari seratus mayat lagi dari kapal itu," kata penjaga pantai Floriana Segreto.

Secara keseluruhan, lebih dari 300 orang diyakini tewas dalam salah satu tragedi terburuk dalam krisis imigran Eropa itu.

Bencana tersebut dipicu saat bahan bakar kapal terbakar, yang menyebabkan para penumpang yang panik terburu-buru berlari ke salah satu sisi perahu sehingga perahu terbalik dan tenggelam, melemparkan ratusan orang ke dalam air.

Italia akan mengadakan hari berkabung pada Jumat, dan sekolah akan mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang para korban, demikian Reuters.

(G003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013